170 PNS Pemkot Ajukan Cuti

 218 total views,  2 views today

pns

PALEMBANG, KS-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palembang mencatat, sebanyak 170 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang mengajukan cuti besar untuk pelaksanaan haji tahun ini.

Dari 170 PNS yang mengajukan cuti tersebut menurut Kepala BKD Kota Palembang, Kurniawan, 50 persennya di dominasi oleh guru. Namun jelas Kurniawan, dari 170 izin cuti yang di ajukan tersebut baru 140 izin yang sudah mendapatkan persetujuan. Sisanya 30 izin lagi, masih dalam proses penyelesaian.

“Dari 170 izin cuti tersebut, 105 izin di ajukan oleh guru dan 35 izin lainnya, dari dinas dan badan di luar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora). Jumlah ini, menurun dibandingkan tahun lalu. Di tahun 2012 tercatat, sebanyak 263 PNS mengajukan cuti, 227 diantaranya adalah guru dan 34 lainnya dari dinas dan badan lain,”bebernya ketika dibincangi, Jumat (20/9).

Kurniawan menerangkan, kepengurusan cuti haji paling lambat diajukan minimal satu bulan sebelum waktu keberangkatan. Dengan melampirkan surat pengantar dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang bersangkutan, pengajuan akan diteruskan ke Sekda untuk disetujui. Waktu cuti yang diberikan selama 49 hari. “Memang kegiatan haji efektifnya 33 hari, tapi pemerintah maklumi bagi mereka untuk libur persiapan sebelum dan sesudahnya,”katanya.

Lebih jauh Kurniawan menjelaskan, pemkot akan tetap memotong tunjangan fungsional mereka yang cuti. Nilainya disesuaikan dengan lama izin yang diberikan dan golongan yang bersangkutan. Sementara untuk posisi jabatan atau tanggung jawab yang ditinggalkan dipastikan akan digantikan sementara oleh PNS lain sebagai Plh. “Ini semua berdasarkan PP 24 Tahun 1976 tentang cuti PNS,”tukasnya.

Sebagai informasi, jumlah jemaah calon haji (JCH) tahun ini dari Sumsel sebanyak 6.335 jemaah. Dari jumlah tersebut, 2.960 orang berasal dari Kota Palembang. JCH embarkasi Palembang ini, sejak Rabu (18/9) sudah mulai diberangkatkan. Tercatat ada 359 JCH kelompok terbang (kloter) pertama yang diberangkatkan.

Mereka  berasal dari Lubuklinggau, Empat Lawang, dan Palembang.  “JCH kloter pertama ini, sebelumnya dilepas oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di gedung serba guna Asrama Haji, Palembang. Setelah itu sekitar pukul 13.30 WIB, mereka langsung dibawa dengan bus Damri menuju Bandara SMB II Palembang. Alhamdulillah pemberangkatan kloter pertama ini, berjalan tanpa hambatan,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang, H Saefudin.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster