Walikota : 70 Persen CJH Petani dan Pedagang

 256 total views,  4 views today

jemaah-haji

PAGARALAM, KS— Sebanyak 126 Jamaah Calon Haji (JCH), Pagaralam 70 persennya adalah petani, pedagang dan Ibu Rumah Tangga. Selebihnya yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal tersebut diungkapkan Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni, saat menggelar jamuan makan dan melepas 126 JCH, di Rumah Dinas Walikota,  Jalan Laskar Wanita Mintarjo Kota Pagaralam, Kamis (19/9).

“Dari jumlah tersebut 59 laki-laki dan 76 perempuan. Sementara jumlah jamaah ini, sebagian besar memilki resiko tinggi (Risti), hingga 80 persen, karena sudah berusia 50 tahun keatas,” ucapnya.

Meski begitu, lanjut walikota, jamaah calon haji merupakan tamu Allah yang wajib diutamakan. “Karena ibadah mereka bukan semata-mata ibadah sebagaimana biasanya. Ini adalah ibadah sekali seumur hidup yang tidak semua orang bisa langsung menjalankannya,” ujarnya.

Ia mengatakan, keberangkatan haji ditiap daerah merupakan tanda-tanda ekonomi daerah masih berjalan baik, termasuk pemahaman agama masyarakat jauh lebih baik. Karena untuk naik haji tentunya dibutuhkan dana yang besar, begitu pula membutuhkan waktu yang cukup panjang ketika mendaftar sebagai calon jemaah haji.

“Saat menjalanakan ibadah haji, diharapkan agar  selalu menjaga kesehatan, kesabaran dan keikhlasan. Selain itu dapat menahan diri ketika berada di Tanah Suci serta dapat mempertanggungjawabkan diri sebagai haji setelah selesai melaksanakan haji.  Di imbau kepada jamaah calon haji untuk tidak bertindak ceroboh dan semaunya,” harapnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam Drs H Ramlan Fauzi melalui Kabag TU Drs H Nizom mengatakan, tahun ini calon jemaah haji Pagaralam tergabung dalam satu kloter. Namun, JCH ini masih tetap membutuhkan perhatian ekstra.

“80 persen JCH masuk kategori beresiko tinggi, karena sudah berusia di atas 50 tahun. Sebab itu, kami mengimbau para jemaah untuk tetap menjaga kesehatan, dan tetap menaati anjuran dari dokter,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Novirzah SE, Sekda Drs H Safrudin MSi, Kepala Kemenag Drs H Ramlan Fauzi, unsur Muspida Kota Pagaralam, jajaran SKPD beserta undangan lainnya.

Acara yang difasilitasi oleh Bagian Kesejateraan Rakyat Setdako Kota Pagalam ini disambut antusias oleh masyarakat.

Pantauan dilapangan, pelepasan calon jemaah haji ini dipadati warga yang terdiri dari kerabat maupun sanak keluarga. Mereka terlihat memadati pelataran rumah dinas Walikota sejak pagi dengan setia menunggu hingga seluruh jemaah meninggalkan rumah dinas.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster