Sekda Buka Sosialisasi Kewaspadaan Dini

 219 total views,  2 views today

prabumulih

Ilst. kantor Pemkot Prabumulih

Prabumulih, KS-Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas), Kota Prabumulih mengadakan sosialisasi prihal keselamatan dan perlindungan masyarakat.

Acara yang di gelar, Kamis (19/9), di Aula Praja Husada Rumah Sakit Umum Kota Prabumulih ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), Nomor 12 tahun 2006 tentang kewaspadaan dini.

Sosialisasi tersebut melibatkan seluruh unsur ketua forum kewaspadaan se Kota Prabumulih serta instansi terkait.

Kepala Kantor Kesbang Linmas, Kota Prabumulih, Martodi HS, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini adalah tindaklanjut Permendagri Nomor 12 tahun 2006  prihal rasa aman dan konflik social di tengah-tengah masyarakat.

“Peserta sosialisasi kewaspadaan dini adalah para utusan dari kecamatan dan kelurahan serta unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta unsur yang terkait dengan keamanan. Nara sumber adalah dari kepolisian, kesbang dan unsur pemerintah,” ujarnya.

Sekretaris Daerah H. A. Sobri, SH dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan sosialisasi tersebut sebagai upaya untuk memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat.

“Dengan adanya sosialisasi ini dapat memecahkan permasalahan, keresahan dan terciptanya keamanan yang ada didalam masyarakat. Apabila tidak selesai suatu konflik ditengah masyarakat, maka akan dapat menimbulkan keresahan yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat itu sendiri. Untuk itu marilah kita ciptakan situasi dan kondsuif yang bisa membuat mesayarakat menjadi tenang dan aman, ” kata Sekda H. A. Sobri, SH.

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 12 tahun 2006 tentang Kewaspadaan dini masyarakat dimana Permendagri tersebut adalah untuk mngetahui persoalan yang berhubungan dengan kenyamanan dan ketenteraman yang berada ditengah-tengah masyarakat.

Untuk itu Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) mengadakan sosialisasi yang melibatkan seluruh unsur ketua forum kewaspadaan se kota Prabumulih serta instansi yang terkait tentang masalah keselamatan dan perlindungan masyarakat, dengan bertempat di Aula Praja Husada Rumah Sakit Umum Kota Prabumulih, kantor Kesbang Linmas Kota Prabumulih mengadakan sosialisasi tentang kewaspadaan dini yang akhir-akhir sangat menonjol tentang keresahan yang terjadi ditengah masyarakat.

Dalam laporannya kakan Kesbang Linmas Martodi HS, SH.MM mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini adalah tindak lanjut peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2006  yang mana timbulnya rasa aman ditengah-tengah masyarakat dan tertanganinya konflik sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat kota Prabumulih serta terciptanya situasi dan kondisi keamanan agar keamanan dapat terjamin.

Lebih lanjut Kakan Kesbang Linmas ini mengatakan bahwa peserta sosialisasi kewaspadaan dini adalah para utusan dari perwakilan dari kecamatan dan kelurahan serta unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta unsur yang terkait dengan keamanan, ujarnya dan adapun anara sumber adalah dari unsur kepolisian, kesbang dan unsur pemerintah kata lebih jauh.

Adapun Sekretaris Daerah H. A. Sobri, SH dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Peraturan Menteri dalan Negeri nomor 12 tahun 2006 memerikan perlindungan kepada seluruh masyarakat dan dengan adanya sosialisasi kewaspadaan dini ini dapat tertanganinya keresahan dan terciptanya keamanan yang ada didalam masyarakat dan apabila tidak tertanganinya suatu konflik ditengah masyarakat, maka akan dapat menimbulkan keresahan yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat itu sendiri, kata Sekda H. A. Sobri, SH, untuk itu marilah kita ciptakan situasi dan kondsuif yang bisa membuat mesayarakat menjadi tenang dan aman.

Teks :  Irsan Matondang

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster