Pemilih di Sumsel Capai 5,8 Juta

 243 total views,  2 views today

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Daftar Pemilih Tetap (DPT)

PALEMBANG, KS-Jumlah mata pilih di Sumatera Selatan (Sumsel), di prediksi mencapai 5.805.419 pemilih. Rinciannya, laki-laki sebanyak 2.922.128 orang sedangkan sisanya 2.883.291 orang adalah perempuan.

Pemilih tersebut menurut komisioner KPU Sumsel, Ong Barlian tersebar di 228 kecamatan, 3.200 desa/kelurahan dan sebanyak 17.904 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kabupaten dan kota.

“Data ini di dapatkan dari data daftar pemilih tetap (DPT) yang diserahkan KPU kabupaten dan kota di Sumsel. Namun berapa kepastian DPT untuk Sumsel, belum bisa kita pastikan. Sebab kita belum melakukan rekapitulasi untuk DPT Sumsel,” jelas Ong ketika dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (19/9).

Lalu kapan, KPU Sumsel akan melakukan rekapitulasi tersebut ?, Ong menjawab sesuai jadwal, rekapitulasi akan dilakukan mulai  24 September-8 Oktober mendatang. “Diantara tanggal itulah, kita akan melakukan rekapitulasi,” ucapnya.

Ia juga menerangkan, mata pilih tersebut akan digunakan untuk pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten dan kota di Sumsel.

Sebelumnya komisioner KPU Sumsel, Herlambang menyebut berdasarkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) yang diterima dari Kementria Dalam Negeri (Kemendagri), mata pilih Sumsel sebanyak 5,1 jiwa.

Ini berbeda tipis dari DP4 pemilukada Sumsel beberapa waktu lalu, 5,4 juta mata pilih sebelum dimutakhirkan menjadi DPT.
“Kita akan mutakhirkan mulai dari PPS, PPK, KPU kabupaten/kota. Berdasarkan data inilah, kami memprediksi DPT Pileg nanti akan tembus 6 juta mata pilih,” ujarnya.

Penambahan tersebut sambung Hermabang,  karena terjadi penambahan mata pilih, seperti perubahan status pemilih. Sebagai conroh  purnawirawan TNI/Polri yang kembali mempunyai hak pilih, dan genapnya usia pemilih pemula, yang pada waktu pemilukada lalu belum mencukupi umur 17 tahun.

Pada Pileg mendatang, tambah Herlambang, daerah pemilihan (dapil) Sumsel dibagi menjadi dua untuk DPR RI. Yaitu dapil Sumsel 1 dan Sumsel 2 yang akan memeperebutkan 17 kursi. “Sedangkan untuk DPRD Sumsel dibagi menjadi 10 dapil yang akan memperebutkan total 75 kursi,” tandasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster