Lahat Akan Dirikan Perguruan Tinggi Akademi Komunitas Negeri

 283 total views,  2 views today

Lahat I KS-Kabupaten Lahat akan mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang akan di beri nama Akademi Komunitas Negeri Lahat yang rencananya Akan di bangun pada tahun 2014.

Wakil Bupati (Wabup), Lahat, Drs H Sukadi Duadji MM menyambut baik dan mendukung atas berdirinya Akademi Komunitas Negeri untuk di Kabupaten Lahat.

“Kami sangat mendukung dan antusias sekali dengan adanya Akademi Komunitas Negeri di Lahat ini. Karena kita sudah lama mengidam-idamkan hal ini, supaya Lahat memiliki Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” ungkap H Sukadi Duadji.

Menurutnya, berdasarkan UU No 12/2012, tentang pendidikan tinggi. Pemda Lahat menyambut positif dan mendukung Akademi Komunitas Negeri Lahat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Pendidikan Tinggi (Dikti), pusat yang sudah membantu meningkatkan pendidikan di Kabupaten Lahat, dengan Akademi Komunitas Negeri Lahat sebagai embrio Universitas Negeri Lahat dikemudian hari,” paparnya.

Dikti Pusat melalui IrDewi Sopiah MT mengatakan, tujuan Akademi Komunitas (AK), didirikan di daerah, untuk menekan kesenjangan masyarakat.

“Memang pertama kali saya bertemu dengan Gubernur Sumsel, Alex mengatakan bahwa, AK ini tidak bisa didirikan di Kota Palembang, tapi bisa berdiri di daerah-daerah Kabupaten Provinsi Sumsel,” tegasnya.

Menurut Dewi, AK yang didirikan di Kabupaten Lahat, tentunya pihak Dikti bukan sekedar mencari proyek, melainkan mencari amal ibadah. “Karena itulah, AK membantu orang yang miskin untuk bisa kuliah. Jadi, mahasiswa AK selain kuliah, mereka bisa bekerja di perusahaan-perusahaan. Oleh sebab itulah, perusahaan-perusaan di Kabupaten Lahat ini, bisa mendukung konstribusi terhadap Akademi Komunitas Negeri di Lahat,” jelasnya.

Dalam Akademi Komunitas Negeri Lahat, rencananya ada empat jurusan yang menjadi proritas. Diantaranya, jurusan teknik tambang, jurusan alat berat, jurusan teknik elektro, dan jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster