Kabupaten Muba Menuju Kabupaten Layak Anak

 343 total views,  2 views today

Sekda-Muba-Drs-H-Sohan-MAjid-MM-membuka-rapat-koordinasi-persiapan-pembentukan-Kabupaten-Muba-menuju-kota-layak-anak-tahun-2013

Sekda Muba Drs H Sohan MAjid MM membuka rapat koordinasi persiapan pembentukan Kabupaten Muba menuju kota layak anak tahun 2013

MUBA|KS-Indonesia termasuk Negara yang terikat peraturan hasil Konvensi Hak Anak (KHA), dimana terdapat tiga kewajiban utama Negara yaitu pemenuhan hak-hak anak, melindungi dan menghargai pandangan anak.

Hal tersebut diungkapkan Tim Evaluasi Nasional Kota Layak Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, RI, Taufieq Uwaidha, SP, M.Si, pada acara rapat koordinasi persiapan pembentukan Kabupaten Muba menjadi Kabupaten Layak Anak, Kamis (19/9), di ruang rapat Bupati Muba.

“Ya, Negara punya kewajiban pehut terhadap hak anak sesuai Konvensi Hak Anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Muba, Drs H Sohan Majid MM, mengatakan, Pemkab Muba komitmen untuk menjadi Kabupaten Layak Anak serta memberikan porsi perhatian khusus terhadap upaya perlindungan terhadap hak-hak anak.

“Terhadap kebijakan pembentukan Kabupaten/Kota Layak Anak,  kami selaku Pemkab Muba akan mendukung penuh, dan mengimbau seluruh dinas/instansi yang terdapat program-program kerja yang berhubungan dengan pemenuhan hak anak, agar dapat terintegrasikan, menyatukan persepsi, memberikan bantuan, dukungan serta perhatian terhadap program-program perlindungan dan fasilitas anak, sehingga harapan menjadikan Kabupaten Muba sebagai Kabupaten Layak Anak dapat terwujud,”  tuturnya.

Menurutnya, dinas yang kerap bersentuhan langsung dengan hak anak yakni Dinas Pendidiakn (Disdik), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP), dan dinas/instansi terkait lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Muba Hj Lucianty Pahri menambahkan, persiapan menuju Kabupaten Layak Anak, juga terus dilakukan Pemkab Muba, salah satunya dengan telah dibentunya Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Muba tahun 2013-2016 oleh Bupati Musi Banyuasin, H Pahri Azhari, yang melibatkan Dinas/Instansi serta camat di jajaran Pemkab Muba.

“Dengan telah dibentuknya Gugus Tugas KLA, diharapkan mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan Pemkab Muba menuju Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), tentunya dengan dukungan semua pihak dan DPRD Muba,” ujar Lucianty.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kabupaten Muba, Dicky Meiriando SSTP, MH, menjelaskan bahwa tujuan KLA adalah untuk membangun inisiatif pemerintah daerah kabupaten/kota untuk melakukan perubahan KHA dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan, tahapan pengembangan KLA sendiri meliputi; persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan, evaluasi serta pelaporan.

Adapun kriteria Kabupaten/Kota Layak Anak menurut PERMENPPPA No 12 Tahun 2011 diantaranya adalah, adanya kebijakan dan penganggaran yang mendukung, partisipasi anak yang tinggi, adanya pelatihan KHA bagi aparatur, tersedianya database/profil anak, partisipasi masyarakat, peran dunia usaha, cakupan akta kelahiran, persentase ASI eksklusif dan adanya kawasan rokok.

Teks : Bagus

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster