PKK-Disdik Gelar Cerdas Cermat

 699 total views,  2 views today

cerda-cermatInderalaya|KS-Guna meningkatkan  Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), PKK Kabupaten Ogan Ilir (OI), bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik), Ogan Ilir menggelar cepat tepat tingkat kabupaten.

Pesertanya terdiri dari siswa kelas 4-6 SD terdiri dari 16 regu di Aula PKK Inderalaya, Rabu (18/9).

Ketua TP PKK OI Hj Fauziah Mawardi Yahya, mengatakan sangat penting menyelenggarakan lomba cepat tepat tersebut. Tujuannya yakni untuk meningkatkan pengetahuan anak sejak dini, akan  hak dan kewajiban, menghargai potensi dan keragaman penduduk.

Selain itu juga mengetahui bagaimana cara membela negara,  menghormati negara dengan beragam prestasi, pembangunan, dan sebagainya.

“Apalagi kalau kita ingat amatlah susah dalam upaya merebut Kemerdekaan RI, sehingga anak-anak kita harapkan saat besar nanti, menghargai bangsa dan negaranya. Ini juga bertujuan  meningkatkan rasa nasionalisme. Kita harapkan setelah dari kompetisi ini anak-anak memahami bagaimana rasa kebangsaan tersebut,” katanya.

Hj Fauziah, menambahkan, PKK sengaja menggandeng Disdik sebagai stekholder yang menaungi dunia pendidikan sebagai bentuk peningkatan prestasi bagi peserta didik.

“Ya, meningkatkan prestasilah menanamkan rasa cinta sejak dini, mendidik anak sebagai generasi yg mencintai negara sendiri. Ini merupakan murni program PKK. Kedepan kita harapkan hasilnya bukan sekadar prestasi namun lebih utama kepada ahlak mulia dan rasa saling menghargai bangsa sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pokja I, PKK OI, Hj Ida Royani Rizal mengatakan ada beberapa materi yang diujikan dalam cerdas cermat tersebut antaralain pendidikan pancasila, UUD 1945, wawasan nusantara, NKRI, bela negara, PKN, Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), pengetahun umum tentang daerah, 4 pilar negara, Bhinekka Tunggal Ika,dan sebagainya

“Kita akan rencanakan secara berkala. Ini khusus program Pokja 1 PKK bekerjasama dengan disdik. Kepada pemenang kita berikan piala dan uang pembinaan,” kata Ida Royani.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster