Pembuat Kartu Pencari Kerja Meningkat 300 Persen

 86 total views,  2 views today

cpns

Lubuklinggau, KS-Menjelang pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), di Kota Lubuklinggau, angka pembuat kartu pencari kerja (AK-1, red), naik hingga 300 persen. Hal itu terlihat dari banyaknya pencari kerja yang setiap harinya memadati kantor Dinas Tenaga Kerja Lubuklinggau.

Pantauan Kabar Sumatera, setiap pagi, kantor Disnaker diserbu para pembuat AK 1. Para pembuat AK 1 datang dari berbagai penjuru Kota Lubuklinggau. Mereka rela antri berjam-jam demi mendapatkan kartu AK-1.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kota Lubuklinggau, Dra. Hj. RR Nurhidayati S, .Si  mengatakan, pada pertengahan bulan ini, pembuat AK-1 sudah mengalami kenaikan 300 persen.

“Ya, kenaikannya tembus 300 persen. Ini sangat jauh dibandingkan hari biasa yang hanya berkisar puluhan pemohon,” ungkapnya, Rabu (18/9).

Dari catatan Disnaker, sambung Nurhidayati, pihaknya mencatat, pada Agustus 2013 lalu, total yang membuat AK1 berjumlah 279 orang. Namun, terhitung dari 1-18 September 2013 ini telah mencapai 707 orang pemohon.

“Kami mengimbau untuk mempercepat pembuatan kartu pencari kerja, sebaiknya masyarakat mempersiapkan dan membawa fotokopi KTP Lubuklinggau, fotokopi ijazah terakhir serta riwayat pendidikan formal dan foto 3×4 berwarna,” urainya.

Ia menambahkan, para pemohon AK-1 juga bisa mendaftarkan diri melalui online melalui bursa tenaga kerja. “Setelah itu datang ke Disnaker untuk meminta print asli yang sudah ditandatangani oleh Disnaker Kota Lubuklinggau. Untuk info lengkap dapat menghubungi Disnaker Kota Lubuklinggau, telp. 0733-7329240,” pungkasnya.

Teks/foto : Faisol

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster