Masih Banyak PNS tak Disiplin

 219 total views,  2 views today

pns

Ilst. PNS

PALEMBANG, KS-Disiplin pegawai negeri sipil (PNS) dan honorer di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang, masih menjadi persoalan. Bukti kecilnya, kewajiban untuk mulai bekerja pukul 07.30 WIB ternyata masih banyak dilanggar para abdi negara tersebut.

Itu didapatkan dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, H Ucok Hidayat, Rabu (18/9). Pantauan Kabar Sumatera, saat sirene tanda jam masuk bekerja berbunyi, Ucok mengecek satu persatu ruangan yang ada di kantor Pemkot Palembang.

Hasilnya, didapatkan banyak pegawai baik yang telah berstatus PNS maupun honorer yang datang terlambat. Seorang pegawai  yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan. terkejut mengetahui sekda tanpa pengawalan petugas memasuki ruangan tempatnya bekerja di bagian umum lantai satu, kantor Wali Kota Palembang. “Iya tadi memang sidak, bagian pertama yang di sidak pak Sekda adalah bagian umum,”jelasnya.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Palembang, Yan Sabar Manahan Sihotang mengatakan, apa yang dilakukan Sekda tersebut merupakan langka baik untuk menumbuhkan dispilin pegawai dan taat aturan.

Karena dengan begitu, tidak ada lagi pegawai baik yang berstatus PNS maupun honorer yang malas-masalan bekerja. “Bagus itu, dengan begitu tidak ada lagi pegawai yang datang telat,”ucapnya.

Ia tak menampik, masih PNS dan honorer yang belum disiplin walaupun sudah diberlakukan aturan, untuk pegawai yang datang terlambat maka tunjungan penambah penghasilan (TPP) nya akan dipotong.

Terpisah,  Sekda Kota Palembang, Ucok Hidayat mengatakan, sidak yang dilakukan  memang sudah menjadi kewajiban sebagai upaya untuk meningkatkan disiplin pegawai. “Sidak ini sudah sering dilakukan, untuk meningkatkan displin pegawai dan sebagai pengawasan melekat,”kata Ucok.

Menurut Ucok, dengan adanya sidak ini pegawai  menjadi peringatan pegawai, bahwa mereka harus bekerja dengan serius dan tidak boleh malas-malasan, karena mereka dibayar oleh negara.

Ucok menyebut, dengan adanya sidak ini menjadi peringatan pegawai, bahwa mereka harus bekerja dengan serius dan tidak boleh malas-malasan, karena mereka dibayar oleh negara. “Kami lakukan pengawasan dan evaluasi ini untuk seluruh pegawai, tidak hanya PNS tapi juga honorer dan pekerja harian lepas,”terang Ucok seraya mengatakan pihaknya akan terus memantau pegawai dan melakukan sidak  per SKPD.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat kota Palembang, Kurniawan mengatakan,  untuk meningkatkan kinerja pegawai memang harus dilakukan sidak.

Sidak itu sebutnya, tidak hanya dilakukan di lingkungan pemkot saja tapi juga semua SKPD dilingkungan Pemkot Palembang. “Harus di evaluasi, karena dirasa masih  banyak pegawai yang kerja nya malas-malasan. Karena itu, sidak ini akan dilakukan secara terus menurus kedepannya,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster