Beras Raskin Tak Layak Konsumsi

 1,181 total views,  2 views today

beras

Ilst Beras

MUARAENIM | KS-Warga Desa Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muaraenim mengeluhkan kondisi beras raskin yang mereka terima karena kualitas berasnya sangat buruk dan tak layak konsumsi.

Beras jenis ini, sudah sering diterima warga setiap kali ada pembagian beras raskin.

“Warga kita banyak yang mengeluh, karena beras raskin telah banyak yang hancur, berbatu, beratah dan berwarna kuning. Beras tersebut, jelas tak layak konsumsi,” tutur Kepala Desa Dalam melalui Sekretaris Desa Dalam, Madan, ketika di hubungi Kabar Sumatera, Selasa (17/9).

Pihaknya, kata Madan, bingung mau mengadukan masalah ini kemana, oleh karena itu masyarakat hanya menerima saja beras yang diberi pemerintah tersebut. Di Desa Dalam sendiri, ada 325 Kepala Keluarga (KK) yang mendapat quota berhak menerima beras raskin.

“Dari jumlah 325 ini, ada sekitar 15 warga yang kami beri secara cuma-cuma alias gratis,karena kondisi mereka benar-benar tidak mampu membayar,karena itu mereka kita kasih secara gratis,” terangnya.

Sambungnya, dalam pembagian beras raskin ini setiap warga mendapat jatah 30 kg atau sebanyak 2 karung yang setiap karungnya berisi 15 kg beras.

Ia juga mengungkapkan dari quota 325 yang mendapat jatah beras raskin tersebut masih tergolong kurang,di karenakan masih banyak warga miskin yang tak mendapatkan beras raskin di Desa Dalam.

“Mestinya 500 KK baru bisa di katakan cukup,karena masih banyak warga miskin yang tidak mendapatkan beras,tapi karena quota yang kita dapat hanya segitu,ya mau bagaimana lagi. Kalau memang quotanya gak bisa di tambah, ya minimal warga mendapatkan beras yang layak buat di konsumsilah,” harapnya.

Sementara itu, Camat Belimbing, Kurniawan, mengatakan dalam pembagian beras ini jika warga mendapatkan beras yang kurang layak harap segera melapor ke pihak kecamatan.

“Jika memang kondisinya tidak layak, itu bisa di ganti, tapi kami harap pemdes setempat segera melapor karena pihak bulog juga pernah mengatakan siap melayani jika ada kondisi beras yang memang tidak layak untuk di konsumsi. Mungkin sudah lama disimpan di gudang dan distribusi raskin inikan banyak,” kata mantan Camat Ujan Mas ini.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster