Sehari Capai 100 Orang Buat SKCK

 407 total views,  2 views today

Sehari Capai 100 Orang Buat SKCK

Sehari Capai 100 Orang Buat SKCK

MUARAENIM | KS-Sejak 2 September 2013 lalu, warga yang membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), mengalami peningkatan yang cukup tajam dibanding hari-hari biasa. Bahkan pembuat SKCK mencapai 100 orang setiap harinya.

“Dari catatan kita, hingga saat ini sudah mencapai 400 orang yang sudah membuat surat keterangan ini. Sebagian besar yang berkepentingan akan surat ini untuk keperluan melamar kerja menjadi PNS. Sisanya untuk keperluan kuliah dan mengikuti tes Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), serta kepentingan lainnya,” tutur Kapolres Muaraenim AKBP Mohamad Aris melalui Kasat Intel AKP Sunarso didampingi Kepala Satuan Intelkam Badan Urusan (Baur), SKCK Polres Muaraenim, Aipda Iwan Susilo, kepada Kabar Sumatera di Mapolres Muaraenim.

Disebutkannya, syarat yang diperlukan dalam pembuatan surat keterangan ini yakni, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak satu lembar dan foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak empat lembar. Serta rekomendasi dari setiap wilayah kepolisian sektor (Polsek) pelamar/domisili masing – masing.

“Surat rekomendasi tersebut sangat diperlukan dari setiap polsek perihal keterangan kesehatan dan bersih dari catatan kriminal. Kemudian surat rekomendasi tersebut akan dibawa ke Polres Muaraenim untuk diterbitkan SKCK,” terangnya.

Dijelaskannya pula, bahwa SKCK sendiri terbagi dalam SKCK umum yang digunakan keperluan melamar kerja swasta dan SKCK khusus yang digunakan untuk persyaratan menikah,untuk melamar pada PNS dan untuk melanjutkan pendidikan sekolah pada instansi di luar Kabupaten Muaraenim seperti pendidikan TNI/Polri.

Sementara itu, Anis (22), salah seorang pemohon SKCK mengatakan, sengaja membuat permohonan ini,lantaran keperluan melengkapi berkas untuk melamar PNS formasi 2013 di lingkungan Pemkab Muaraenim. “Sekarang ini, sudah ada pengumuman CPNS. Jadi tinggal memasukan lamarannya saja,” ucapnya.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster