Main Efektif Kontra Turki

 277 total views,  2 views today

Main-Efektif-Kontra-Turki

Timnas Indonesia

PALEMBANG | KS-Timnas bola basket putra Indonesia telah menjalani dua laga di perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) III. Meraih satu kekalahan dan satu kemenangan, hasil yang dipetik tim merah putih tergolong bagus. Atas pencapaian itu, Indonesia tetap menjaga asa dapat meraih medali pada cabang olahraga (Cabor) basket.

Pada laga ketiga, Indonesia akan menghadapi salah satu lawan terkuat asal Eropa, Turki di gedung Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Rabu (18/9) hari ini, pukul 18.00 WIB. Lawan yang tergolong kuat mengingat Turki memiliki keunggulan layaknya tim-tim Eropa. Unggul pada postur, teknik dan stamina.

Menghadapi lawan seperti ini, Pelatih Timnas Indonesia Putra, Tjetjep Firmansyah mengatakan telah menyiapkan strategi khusus. Sadar sulit meladeni lawan dengan permainan terbuka, dia akan menginstruksikan anak bermain lebih efektif dalam menciptakan poin.

Meski untuk yang satu ini cukup terkendala dengan minimnya pencetak poin. Terhitung hanya tujuh pemain yang mampu menciptakan poin saat pertandingan kontra Arab Saudi. Sebagai pencetak skor tertinggi Dhyaksa Andakara dengan 16 poin.

Diikuti Cristian Ronaldo Sitepu dengan 14 poin. Sementara Xaverius Prawiro, Bonanza Siregar dan Respati Ragil sama-sama menyumbangkan sembilan poin dan dua poin masing-masing dari Adhi dan Galank.

“Ini menjadi peer buat kita. Kita berharap semua pemain mendapat kesempatan untuk menciptakan poin. Kalau hanya mengandalkan ketujuh orang , skor yang dicapai pun tidak maksimal saat menemui kebuntuan,” kata Tjetjep.

Tjetjep sendiri menilai pertemuan melawan Turki yang merupakan tim papan atas. Salah satu bukti prestasinya adalah juara dunia Under-18 akan dimanfaatkan sebagai ajang pembelajaran menghadapi SEA Games akhir tahun ini.

“Mereka (Turki-red) secara level masih di atas kita. Saya sudah mempelajari dengan melihat rekaman pertandingannya dan tipe permainannya mirip dengan Thailand yang banyak mengandalkan kecepatan dan drive ke dalam. Mereka bermain bagus, inilah yang akan menjadi contoh bagi kita meski sulit untuk diikuti,” ungkapnya.

Untuk itu, menghadapi tim yang terakhir berhasil menyabet emas di Euro Basket 2011 usai menaklukan Spanyol dengan skor 65-57 lalu itu, Tjetjep akan instruksikan anak asuhnya untuk mengerahkan seluruh kemampuan Sitepu Cs. Dari fisik, taktik, strategi permainan dari mengumpulkan poin, menghadang lawan, blocking dan teknik lainnya.

“Kita kalah pengalaman dan postur tubuh, tentu kita maksimalkan untuk mencuri poin dari jarak jauh. Bagaimana caranya kita usahakan untuk menang. Lawan yang dihadapi tidaklah mudah, dan tergolong berat. Jadi, Timnas Indonesia bersikap realistis saja dan tidak memasang target muluk-muluk,” bebernya.

Sebelumnya, pada pertandingan perdana, timnas Indonesia berhasil dipermalukan oleh timnas Palestina dengan skor akhir 66-68, Minggu (15/9). Pertandingan kedua, kemenangan didapatkan dari timnas Arab Saudi yang didapatkan dengan hasil Walk Out (WO) dengan skor akhir 59-61 yang hanya menyisakan waktu 13 detik lagi pada kuarter akhir. Karena WO, timnas Indonesia hanya mengantongi skor 0-20 pada pertandingan tersebut.

Menanggapi skor yang seharusnya diperoleh oleh Indonesia adalah 61, menjadi 20, Pelatih timnas basket putra Indonesia, Tjetjep Firmansyah tak ingin mempermasalahkan, terlebih masalah Saudi Arabia yang ‘ngambek’ meninggalkan lapangan.

“Saya tidak pernah melihat hasil akhir, tapi bagaimana perjuangan anak-anak dalam memenangkan pertandingan. Masalah yang terjadi Arab Saudi mundur saya tak mau berkomentar banyak. Bagi saya, Indonesia telah menampilkan permainan terbaik hingga menghasilkan kemenangan. Terlepas dari WO kami memang layak menang, bisa dilihat dari permainan,” tutupnya.

Jadwal Pertandingan Bola Basket Rabu (18/9):
1. Pukul 14.00 WIB:  Indonesia VS Qatar (Women)
2. Pukul 16.00 WIB:  Saudi Arabia VS Palestina (Men)
3. Pukul 18.00 WIB: Turkey VS Indonesia (Men)

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster