ISG di Sumsel untuk Siapa

 232 total views,  2 views today

isg

Penonton Bola Basket ISG di PSCC Palembang

PALEMBANG, KS-Ribuan atlet dari 44 negara peserta Islamic Solidarity Games (ISG), Rabu (17/9), akan mulai berdatangan. Ketua Deputi IV Panitia Daerah Bidang Penyelengaraan ISG, Ahmad Najib menyebut, hari ini sedikitnya ada  3.162 atlet yang akan ‘menyerbu’ Palembang.

Mereka, akan bertanding di 13 cabang olahraga (cabor) yang akan mulai 22 September-1 Oktober mendatang. Dari 13 cabor tersebut, dua cabor yakni basket dan sepakbola sudah lebih dahulu memulai pertandingan.

Bukan hanya hari ini, Sumsel dibuat sibuk dengan pelaksanaan event tersebut. Sejak beberapa bulan lalu, Bumi Sriwijaya berbenah menyambut pesta olahraga antar negara-negara Islam tersebut. Namun sebenarnya, ISG untuk siapa ?

Sebab untuk pelaksanaan ISG, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Sumsel cukup terkuras. Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Zainuddin menyebut, untuk pelaksanaan ISG setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus rela anggarannya di potong sekitar 10-20 persen.

“Dana pemotongan anggaran SKPD tersebut, di masukkan dalam anggaran dana hibah. Salah satunya contohnya, pembangunan lapangan terbang (lapter) di Lahat, dananya di rencanakan di kurangi dari Rp8 miliar menjadi Rp7,6 miliar,” jelas Zainuddin ketika dibincangi, Selasa (17/9).

Dari hasil pemotongan anggaran tersebut, terkumpul dana Rp593 miliar. Dengan demikian dana hibah Sumsel tahun 2013, mencapai  Rp2 trilyun. “Dari dana itulah, digunakan untuk pelaksanaan ISG dan pemungutan suara ulang (PSU) pemilukada Sumsel, 4 September lalu,”ungkap politisi Partai Demokrat ini.

Sebelumnya Ketua Komisi I DPRD  Sumsel, Yuswar Hidayatullah menyebut untuk pelaksanaan ISG, dianggarkan dana Rp75 miliar dari APBD Sumsel. “Dana itu, dianggarkan di APBD Perubahan Sumsel 2013. Sedangkan dari pemerintah pusat, kita mendapatkan bantuan Rp80 miliar,” ungkap politisi PKS ini.

Namun dana bantuan dari pemerintah pusat ini, belum juga mengucur. Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Yuli Mumpuni Widarso mengatakan, dana APBN untuk ISG sampai Senin (16/9) ini belum cair, karena Memorandum of Understanding (MoU) Bantuan Sosial Kemenpora untuk penyelenggaraan ISG belum ditandatangani oleh Ketua KOI, Rita Subowo, selaku ketua panitia nasional penyelenggaraan ISG.

Lalu untungkah Sumsel ?, pengamat ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Amidi menyebut ISG adalah investasi besar yang dibutuhkan Sumsel untuk mengatasi persoalan ekonomi kedepannya yang semakin kompleks.

“Pelaksanaan ISG, mempunyai dampak ekonomi secara langsung seperti sektor akomodasi, perhotelan, transportasi, dan perdagangan,” kata Amidi ketika diminta komentarnya, kemarin malam.

ISG juga menurutnya, merupakan potensi untuk menjual produk Sumsel. Sebab saat pelaksanaan event itu, akan ada ribuan warga negara asing (WNA) ke Sumsel, baik sebagai atlet, official maupun perangkat pertandingan.

Hanya Dirasakan Kalangan Tertentu

Namun menurut Amidi, dampak ekonomi dari ISG tersebut tidak menyentuh perekonomian masyarakat pada kalangan tertentu.  “Sebagai contohnya, apakah semua penginapan dan hotel mendapatkan potongan ‘kue’, tentu tidak. Hanya hotel dan penginapan tertentu, begitu juga sektor lainya seperti restoran dan rumah makan yang tidak mempunyai akses ISG secara langsung, tidak bisa menikmati hasilnya,” ucapnya.

Selain itu, ada juga efek sosialnya.Selama pelaksanaan ISG, aktivitas masyarakat Palembang sehari-hari akan tergangu di karenakan adanya penutupan jalan, pedagang kaki lima (PKL), anak jalanan dan lainnya yang harus tersingkir.

Usai ISG, dampak yang tersisa adalah pengaruh budaya asing. Dimana masarakat  dipaksa secara langsung bergaul, dengan masyarakat asing. “Kesimpulannya, ISG ini sangat bagus untuk peluang investasi di daerah. Namun untuk keseluruhan sektor ekonomi, tidak menyentuh,” tukasnya.

Teks     : Jadid Ulil Albab
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster