Indonesia Menang WO Atas Arab Saudi

 62 total views,  3 views today

Indonesia-Menang-WO-Atas-Arab-Saudi

Tim Nasional Basket Putra Indonesia | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG | KS-Kekalahan tipis 66-68 dari Palestina di laga perdana bola basket Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013, Minggu (15/9), berhasil ditebus timnas bola basket putra Indonesia pada laga kedua, Senin (16/9) kemarin malam. Bersua Arab Saudi, Indonesia menang Walk Out (WO), 20-0.

Bertanding di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC), timnas basket Indonesia yang di pertandingan pertama takluk dari Palestina nampak tampil lebih pede saat bersua Arab Saudi. Dengan permainan yang lebih rapi dan terorganisir, timnas Garuda tak menemukan kendala berarti di quarter pertama.

Dibuka tiga poin Xaverius, Indonesia menutup babak awal dengan keunggulan 15-13. Pada quarter kedua, Indonesia yang mampu menjaga ritme permainan berhasil sedikit menjauhkan keunggulan. Hingga babak kedua usai Indonesia mempimpin 32-25.

Memasuki quarter ketiga, permainan atraktif Indonesia kian menasbihkan keunggulan. Selisih tujuh poin di akhir babak kedua mampu dijauhkan dengan defisit 12 poin, 50-38. Di quarter akhir, perlawanan sengit ditunjukkan Arab Saudi.

Enggan menelan kekalahan kedua beruntun, Arab Saudi langsung menggebrak dengan mencetak enam poin cepat. Begitupun juga Indonesia yang tak mau dipermalukan di rumah sendiri. Alhasil, sajian permainan sengit tak bisa terelakan. Sempat dikejar Arab Saudi, timnas Garuda mampu mengembalikan keunggulan.

Pertarungan semakin menegangkan tatkala skor kedua tim berada pada level sama kuat, 59-59. Saat itu, Indonesia yang diberikan wasit free trough secara tegas tak diterima pihak Arab Saudi yang merasa dirugikan.

Sempat terhenti sejenak sebelum akhirnya pertandingan kembali dilanjutkan. Maju sebagai algojo, Prastawa tak menyia-nyiakan kesempatan dengan menceploskan dua kali free trough hingga membawa timnya kembali unggul 61-59.

Sayang, setelah itu Arab Saudi tak lagi mau melanjutkan pertandingan hingga sebuah keputusan diambil sang pengadil. Arab Saudi kalah WO, 0-20 saat waktu tinggal menyisakan 13.08 detik lagi.

“Masalah yang terjadi Arab Saudi mundur saya tak mau berkomentar banyak. Bagi saya, Indonesia telah menampilkan permainan terbaik hingga menghasilkan kemenangan. Terlepas dari WO kami memang layak menang, bisa dilihat dari permainan,” ungkap pelatih Indonesia, Tjetjep Firmansyah.

Kapten tim Indonesia, Cristian Ronaldo Sitepu mengungkapkan, salah satu kunci timnya dapat menang ialah dapat menjaga emosi. Meski sempat dipancing lawan, namun dia sangat senang rekan-rekannya tak terpancing.

“Kami punya semangat lebih saat melawan Arab Saudi. Selain kesabaran kunci lain yang memenangkan kita. Saat lawan terbawa emosi, rekan-rekan tidak terpancing,” ujarnya.

Sementara dipertandingan sebelumnya, Palestina mendapat perlawanan sengit Kuwait berhasil keluar sebagai pemenang. Tertinggal cukup jauh di quarter awal 13-25, mampu dibalikkan Palestina 35-31 di quarter kedua.

Di quarter ketiga, keunggulan tipis Palestina yang cukup rawan berhasil dikejar Kuwait hingga menghasilkan skor sama kuat 53-53. Sebelum di quarter terakhir, Palestina benar-benar memastikan kemenangan 76-67.

Indonesia sendiri dijadwalkan kembali menjalani pertandingan pada Rabu (18/9) besok, pukul 18.00 WIB. Perjuangan lebih berat wajib ditunjukkan timnas Indonesia. Mengingat, lawan yang akan dihadapi tergolong tangguh, Turki. Sementara untuk hari ini, Selasa (17/9), pukul 16.00 WIB timnas Indonesia putri yang akan menjajal kemampuan Mesir.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com