PKK OI Akan Terima Penghargaan

 196 total views,  2 views today

Inderalaya|KS-Dalam rangka ajang pemberian penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara, Selasa (17/9) mendatang, Ketua TP PKK OI Hj Fauziah Mawardi Yahya akan mendapatkan penghargaan kategori Pemangku Ketahanan Pangan langsung dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Graha Sriwijaya Srijaya Negara Palembang.

Tak hanya Fauziah yang meraihnya bahkan petani Desa Kotadaro Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir (OI), Asnawi juga mendapatkanya untuk kategori pelopor ketahanan pangan.

Penghargaan tersebut tercantum dalam surat dari Badan Ketahanan Pangan Sumsel no 521/Ban.Ketpang.928a/v/2013 perihal penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tingkat Sumsel, yang ditandatangani Kepala Badan Ketahanan Pangan selaku Sekretaris Dewan Ketahanan Pangan Sumsel Singgih Himawan.

Ketua TP PKK OI Hj Fauziah Mawardi Yahya didampingi Sekretaris PKK Hj Aminah, Minggu (15/9), membenarkan sudah menerima surat dari provinsi untuk menerima jadwal pemberian penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka ketahanan pangan.

“Alhamdulillah suratnya sudah kita terima, kami juga tidak meyangka dapat meraih penghargaan bahkan dua orang dari OI.  Semua penilainnya-kan mereka yang melakukan kita tidak mengetahuinya, baik dari Ketahanan Pangan, PKK Sumsel dan Unsri. Untuk penghargaan ketahanan pangan kepada saya, karena dinilai mempelopori dan menyosialisasikan gerakan optimalisasi penggunaan panganan lokal,” katanya.

Disebutkannya penggunaan panganan lokal dinilai lebih baik seperti sayuran katuk, bayam, sementara buah-buahannya seperti pepaya, semangka, belewa, rambutan.

“Banyak yang bergerak kalau kita memanfaatkan pangan lokal, seperti membantu petani soal penjualan, sehat, mudah didapat, harganya murah, hemat, kandungan gizi baik daripada makanan import yang belum tentu sehat karena mengandung pengawet,” kata Fauziah.

Bahkan ia juga mengkampanyekan pengoptimalan pemanfaatkan perkarangan, dari rumah ke rumah, seperti menanam cabai, menanam serai, pohon buah-buahan, seledri, lengkuas, jahe.

“Disamping menyenangkan, juga menambah ekonomi keluarga, apalagi menanam serai-kan bisa mengusir ular selain bisa digunakan untuk bumbu masak, ekonomis, sehingga semula uang untuk beli bumbu masak kini bisa digunakan untuk beli keperluan lain,” jelasnya.

Disinggung soal harapan kedepan, ia mengatakan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, tujuan utamanya tidak semata memperoleh penghargaan, namun yang terpenting apa yang sudah dikerjakan dapat berguna bagi masyarakat banyak.

“Penghargaan adalah buah manis usai bekerjakeras, namun yang lebih penting bagaimana usaha kita bermanfaat positif untuk kepentingan rakyat,” pungkasnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster