Pencuri 14 Ton Beras Diringkus

 259 total views,  2 views today

Sukarman (baju biru), pencuri 14 ton beras saat di Mapolda Sumsel

Sukarman (baju biru), pencuri 14 ton beras saat di Mapolda Sumsel

PALEMBANG, KS – Kurang dari 24 Jam, Direktorat Reserse Kriminal Dan Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Selatan (Sumsel), berhasil meringkus Sukarman (36), warga Jalan Gedung Haji Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung.

Sukarman ditangkap saat sedang membongkar sebuah truk curian di Desa  Mendis, Kecamatan Bayung Lincir, Kabupaten Musi Banyuasin. Penangkapan pria yang sehari-harinya bekerjaa sebagai supir truk kayu ini berawal dari laporan  Sutowo (40), warga Jalan Kolonel Haji Burlian, Kecamatan Sukarme.

Sutowo mendatangi Sental Pelayan Kepolisian Terpadu (SPKT), Mapolda Sumsel, Kamis (12/9), lantaran dua unit truk yang mengangkut 14 ton beras merk Topi Koki milik perusahaanya telah dibawah kabur oleh JF, ND dan BG, ketiganya merupakan supir baru Sutoyo.

Mendapat laporan tersebut, dengan bergerak cepat petugas bisa mengendus keberadaan pelaku Sukarman yang sedang mempereli truk hasil curian, sekitar pukul 22:00 WIB. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tak ayal tersangka digiring ke Mapolda Sumsel berikut barang bukti satu unit truk.

Dari pengembangan Sukarman petugas kembali berhasil menemukan satu unit truk di sebuah pengisian bahan bakar minyak (SPBU) di Propinvi Jambi. Namun sayang petugas hanya mendapatkan truknya, diduga pelaku sengaja meninggalkan truk di SPBU dan sedang mencari pembeli.

Dari pengakuan Sukarman, ia mengatakan kalu tidak terlibat ikut melakukan pencurian, ia hanya disuruh seseorang untuk memperelti truk dan akan dijual secara terpisah. “Saya tidak tahu beras yang dicuri, saya hanya disruh membongkar truk dan nantinya akan diupah Rp 200 ribu,”ungkap bapak dua anak ini.

Kasubdit I Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Sutrio didamping Kanit Subdit I, Kompol Abdurahman dan AKP Ali Rojikin, saat dikonfirmasi mengatakan kalau ketiga pelaku merupakan sindikat.

“Pelaku melamar sebagai supir pengantar beras, namun pelaku tidak mengantarkan beras tersebut, pelaku menggelapkan beras sebanyak 14 Ton berikut truknya,” jelas Abdurahman.

Tambahnya, kini pihaknya sudah mengamankan seorang pelaku dan dua unit truk hasil curian. “Kita masih mengejar tiga pelaku lainnya, hingga kini kita masih melakukan pengembakan, karena mudos seperti ini sudah beberapa kali terjadi,”pungkas Abdrhaman.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdilllah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster