KPU Tentukan Daftar Pemilih Tetap

 329 total views,  2 views today

kpu

 

PAGARALAM, KS—Delapan bulan menuju Pemilihan Legislativ (Pileg), baik tingkat daerah, provinsi maupun pusat, Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT), disetiap wilayahnya.

Di Kota Pagaralam, untuk tingkat Kota Pagaralam DPT mencapai 101.391 pemilih. Jumlah pemilih ini nantinya akan menyalurkan hak pilihnya di 450 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 35 kelurahan se-Kota Pagaralam.

“Semua ini kita lakukan sudah sesuai dengan tahapan yang dilalui serta prosedur yang telah ditentukan, sehingga berjalan maksimal mulai dari pemutakhiran data hingga menjadi DPT,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum

(KPU) Kota Pagaralam Ubaidillah Zukhri SSos didampingi Divisi Tekhnis Yenli Elmanoferi, kemarin (14/9).

Menurut Ubaidillah,  semua ini diharapkan dapat menjadi awal yang bagus dan akan menjadi hasil akhir yang sama pula dalam pelaksanaan pemilu secara menyeluruh di Kota Pagaralam.

“Sebelum tahapan DPT, semua yang dilakukan sudah sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Data DPT yang telah kita (KPU Kota Pagaralam) terima, sesuai dengan tehapan yang ada. Mulai dari daftar pemilih sementara, daftar pemilih sementara hasil perbaikan yang telah dicocokkan di lapangan oleh Pantarlih, kemudian data ini telah dilakukan pleno oleh panitia pemilih kecamatan,” terangnya.

Adapun jumlah DPT se-Kota Pagaralam, sambung Yenli, untuk wilayah Kecamatan Pagaralam Utara, dari 10 kelurahan mencapai 30.056 pemilih. Pemilih laki-laki 15.092 orang dan pemilih perempuan 14.964 orang.

“Jumlah pemilih di Kecamatan Pagaralam Utara sudah ditambah dengan pemilih yang ada di Lembaga Pemasyarakatan,” kata Yenli.

Selanjutnya, Kecamatan Pagaralam Selatan terdapat 8 kelurahan dengan jumlah pemilih 34.913 orang.  Laki-laki 17.683 orang dan perempuan 17.230 orang.  Kemudian Kecamatan Dempo Utara dari 7 kelurahan sebanyak 16.556 pemilih, laki-laki 8.529 orang dan perempuan 8.027 orang, Kecamatan Dempo Tengah dari 5 kelurahan sebanyak 10.299 pemilih, laki-laki 5.405 orang dan perempuan 4.894 orang. Sedangkan Kecamatan Dempo Selatan dari 5 kelurahan sebanyak 9.567 pemilih, laki-laki 5.011 dan perempuan 4.556 orang.

“Kita menetapkan hasil DPT ini berpedoman kepada jadwal yang telah ditentukan,” katanya.

Sementara itu, DPT diwilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), untuk tahun 2014 mendatang bertambah dari jumlah DPT pada Pemilukada Cabup-Cawabup lalu.

Diketahui, jumlah DPT pemilukada lalu berjumlah 527.620 pemilih. Setelah diadakan rapat pleno KPU, jumlah DPT pileg 2014 mendatang menjadi 540.474, artinya jumlah tersebut bertambah sekitar 12.854 pemilih tetap.

Ketua KPU OKI, Abdul Hamid Usman M. Hum, mengatakan, penambahan jumlah DPT untuk Pileg tahun 2014 mendatang karena dari hasil Petugas Pemuktahiran Data Pemilu (PPDP), PPS dan PPK Pemilukada Cabup OKI.

 

Sedangkan di Kabupaten Ogan Ilir (OI), KPU OI menetapkan jumlah DPT, untuk Pileg 2014 nanti sebanyak 298.515 pemilih.

Ketua KPU Amrah Muslimin mengatakan, penetapan DPT merupakan Final yang akan menjadi patokan pada pileg 2014 mendatang. “Ya, ini sudah final. Ini juga proses dari pemutahiran data Daftar Pemilih Sementara (DPS), beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Amrah menambahkan, penetapan DPT memang sengaja di tetapkan saat ini meskipun pemilihannya masih lama. Namun, DPT bisa membuat rujukan pada pencetakan kertas suara nantinya.

Disinggung adanya perubahan, Amrah mejelaskan, untuk perubahan DPT kemungkinan ada namun jumlahnya sedikit.

“Perubahan misalnya orang tersebut sudah meninggal dunia atau pindah rumah.Kita juga sudah mendata warga pada April 2014 mendatang berumur 17 tahun,” ucapnya.

Jika ada warga yang tidak terdaftar, lanjut Amrah, warga tersebut dinyatakan pemilih khusus dimana bisa menggunakan hak pilih sesuai dengan alamat di KTP. “Proses milihnya yakni satu jam setelah TPS ditutup. Ini biar bisa didata,” tuturnya.

Teks : Anton/Emil Hidayat/Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster