DPT Palembang Berkurang

 227 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Kota Palembang, untuk pemilihan umum legislatif (Pileg), 9 April 2014 mendatang, sebanyak 1.133.408 mata pilih.

Itu artinya, jumlah mata pilih di kota empek-empek ini yang masuk dalam DPT untuk pileg berkurang dibandingkan dengan jumlah mata pilih pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel), 6 Juni lalu.

Di pemilukada Sumsel lalu, jumlah mata pilih di Palembang mencapai 1.139.247  pilih. “Pemilih yang masuk dalam DPT untuk pileg, berkurang sebanyak 5.839 mata pilih jika dibandingkan pemilukada Sumsel lalu,” kata komisioner KPU Kota Palembang Divisi Teknis, Data dan Humas, Abdul Karim Nasution ketika dibincangi, Jumat (13/9).

Menurut Karim, berkurangnya DPT tersebut karena kemungkinan terdapat DPT ganda antar provinsi, pemilih pindah dan meninggal. “DPT ini masih akan dicermati oleh partai politik (parpol), masyarakat dan pengawas pemilu sampai 11 Oktober nanti. Artinya masih bisa bertambah dan atau berkurang sesuai dengan masukan nantinya,” ungkap Karim.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Palembang, Amrullah menyebut akan mengawasi DPT Pileg kota Palembang yang telah ditetapkan dengan mengerahkan jajaran panwaslu sampai ke tingkat kelurahan.

“Kita hanya pertanyakan kenapa penetapan DPT ini bersifat mendadak, karena ada lima parpol yang tidak hadir. Padahal peran parpol sangat diperlukan untuk memvalidasi DPT agar hasilnya maksimal,” ungkap Amrullah.

Terpisah, komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis, Herlambang mengatakan, secara serentak KPU kabupaten dan kota se-Indonesia, hari ini (Jumat) telah menetapkan DPT. “Kemungkinan dalam dua hari ini, bisa kita simpulkan DPT Sumsel setelah semua KPU kabupaten/kota melapor. Tapi tidak akan jauh berbeda dengan DPSHP Sumsel berjumlah, sekitar 6,1 juta. DPT yang ditetapkan ini juga masih akan diperbaiki sampai Awal November di tingkat provinsi,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster