Bus Air Dihias Selama ISG

 232 total views,  2 views today

perahu-bidar

Ilst Perahu Bidar

PALEMBANG, KS-Untuk menyambut sejumlah tamu pada saat Islamic Solidarity Games (ISG) yang dilaksanakan 22 September-1 Oktober mendatang, bus air yang beroperasi di pinggiran Sungai Musi akan dihias dengan sejumlah pernak-pernik menarik.

“Dengan aneka ragam hiasan yang dipasang pada bus air, diharapkan dapat menarik wisatawan, serta masyarakat Palembang sendiri. Ini akan di koordinasikan terlebih dahulu dengan panitia ISG,”kata Manager Transmusi, Aries Rachmansyah, Jumat (13/9).

Namun sambung Aries,  pihaknya belum mengetahui apakah nanti akan dibuat semacam paket wisata, atau angkutan umum seperti biasanya. “Kita merencanakan untuk menggunakan bus air ini nanti, kemungkinan akan memakai smart card sama halnya dengan bus Transmusi. Namun hal tersebut masih sebatas usulan, tetapi jika memang tidak memungkinkan maka akan menerapkan sistem manual, yakni menarik ongkos seharga Rp 4500 per penumpang,”bebernya.

Lebih jauh Aries menjelaskan, untuk bus air yang dipakai selama ISG terbatas hanya dua unit. Jumlah itu memang yang dimiliki oleh PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), perusahaan daerah yang mengelola Transmusi dan bus air.

“Tapi, dengan adanya momen ISG itu, kami harapkan daya tarik dari wisatawan dan masyarakat sekitar bisa lebih meningkat. Sehingga kedepan bus air memang menjadi salah satu alternatif transportasi masyarakat selain bus kota, transmusi, bajaj, maupun angkot,”harapnya.

Menurut Aries, fasilitas bus air yang ada saat ini dimanfaatkan untuk menjamu para tamu ISG, maka bila dimungkinkan jam operasional bus air akan ditambah. Untuk saat ini, operasional bus air mulai pukul 07.30 WIB-16.30WIB tetapi operasionalnya bisa ditambah sampai pukul 22.00 WIB.  “Nanti akan dilihat kondisi dan kebutuhannya seperti apa. Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan panitia penyelenggara, baik tiket atau jam operasionalnya,”tukasnya.

Sebagai informasi, bus air sendiri sudah di launcing oleh Pemerintah Kota (pemkot) Palembang sejak April 2013 lalu. Penggunaan bus air itu, dilaksanakan sebagai sarana transportasi alternatif bagi masyarakat Kota Palembang terutama yang tinggal di daerah pinggiran Sungai Musi.

Selain itu, bus air diterapkan sebagai bagian dari sistem interkoneksi transportasi di Palembang. Sayangnya, bus air ini, kurang diminati masyarakat.  Ini terlihat dengan minimnya penumpang bus air tersebut.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster