BKKBN Sumsel Gandeng Babinsa Suarakan Program KB

 264 total views,  2 views today

bkkbn

PALEMBANG I KS-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan menggandeng Bintara Pembina Desa  (Babinsa) TNI Angkatan Darat Kodam II/Sriwijaya dalam menyuarakan program Kependudukan dan Keluarga Berencana ke masyarakat.
Ratusan Babinsa terlibat langsung dalam kegiatan orientasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) di Palembang, 11-12 September 2013.

“Pembangunan KKB tidak bisa dilaksanakan hanya oleh BKKBN Sumsel, tetapi juga membutuhkan peran seluruh komponen masyarakat, tak terkecuali jajaran TNI,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Selatan,  Sri Rahayu pada penutupan orientasi Babinsa dengan tema “Akselerasi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Keluarga Berencana”.

Ia memberikan apresiasi kepada TNI yang memiliki komitmen yang tinggi dalam mendukung pelayanan KB dan pembangunan kependudukan dalam menuju masyarakat yang berkualitas.

“Jumlah petugas lapangan KB sangat terbatas sehingga demikian membutuhkan bantuan dari para Babinsa untuk mendukung program KKB. Melalui orientasi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi teknis para Babinsa dalam hal teknik konseling, cara-cara mengajak masyarakat ber-KB, hingga koodinasi dengan para petugas lapangan KB,” katanya.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syahiding mengatakan, penduduk Indonesia bertambah lebih kurang tiga hingga 4 juta jiwa setiap tahun sehingga termasuk dalam negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi di dunia.

“Pertumbuhan pendudukan yang tinggi tersebut akan berdampak   terhadap  berbagai  kebutuhan  dan  fasilitas sosial mulai dari kesehatan, pendidikan dan ekonomi sehingga harus menjadi keprihatinan bersama,” katanya.

Ia menerangkan, penduduk yang berkualitas akan menjadi aset negara dalam pelaksanaan pembangunan, akan tetapi bila berjumlah banyak dan berkualitas rendah maka akan menjadi beban dan masalah.

“Kondisi tersebut sudah kita rasakan di dalam kehidupan masyarakat saat ini, terutama yang terkait dengan kesejahteraan dan kondisi sosial masyarakat,” ujarnya.

Dalam perspektif pertahanan negara, keikutsertaan TNI pada kegiatan revitalisasi program KB merupakan wujud kepedulian dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan di bidang kesejahteraan serta upaya mewujudkan ketahanan nasional.

“Keberhasilan program Keluarga Berencana Nasional sangat ditentukan oleh tenaga pengelola dan pelaksana program KB yang berkualitas pada semua tingkatan, sehingga dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pelayanan program KB perlu dilakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan, orientasi, pentaloka dan lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya, kegiatan orientasi tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BKKBN Pusat Fasli Jalal, Rabu (11/9), yang turut dihadiri Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Syahiding, dan Anggota Komisi IX DPR RI Dr Surya Chandra Surapaty.

Pada acara pembukaan orientasi itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (Mou) dengan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Sumsel dan Balai Diklat Pemerintah Provinsi, mengenai pengintegrasian materi pendidikan kependudukan dalam pelatihan dan mata kuliah.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan secara simbolis prangko berlogo Keluarga Berencana kepada Gubernur Sumsel dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel oleh PT Pos Indonesia.

BKKBN Sumatera Selatan sendiri menuai pujian dari BKKBN Pusat berkat keberhasilan menekan laju pertambahan penduduk dengan mencatat angka keikutsertaan Keluarga Berencana di atas rata-rata nasional.

“Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang menonjol di Indonesia karena memiliki angka cakupan KB mencapai 64 persen, sementara rata-rata nasional hanya 54 persen. Artinya, kinerja Sumsel cukup dibanggakan dalam program Kependudukan dan Keluarga Berencana,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Pusat  Fasli Jalal pada pembukaan orientasi dan pelatihan pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Se-Sumatera Selatan.

Teks: Junaidi Abdillah

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster