Gas Meledak, Sijago Merah Hanguskan Bedeng 18 Pintu

 210 total views,  2 views today

Hl-Jeruji

Warga RT 21/8 Sungai Tawar 29 Ilir bahu membahu berusaha memadamkan si jago merah yang melalap rumah warga, Kamis (12/9). Warga khawatir selain rumah jenis kayu serta lokasi akses ke lokasi sulit dan padat | Foto : Cheristian KS

PALEMBANG, KS – Diduga kompor gas meledak, bedeng 18 pintu dipemukiman padat penduduk ludes dilalap sijago merah, Kamis (12/9) sekitar pukul 10.00 WIB.

Beruntung dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa namun. Namun, harta benda korban ludes terbakar.

Kejadian tersebut bermula di duga karena adanya ledakan dari tabung gas 3 kg didapur bedeng milik Madalena di lantai I, rumah panggung. Api lalu membesar dan  dan menjalar ke rumah lainnya.

Menurut salah seorang warga setempat, Mina (35), api pertama kali terlihat dari rumah Madalena pukul sekitar 10.00 WIB, lalu setelah ada suara ledakan apipun mulai membesar. “Ya, pertama awal kebakaran sempat terjadi bunyi ledakan, lalu muncullah api,” ungkapnya yang sedang panik.

Sambungnya, setelah terdengar bunyi ledakan warga sekitar pun yang ada disekitar kampung hanya mengira bunyi ledakan tersebut adalah ban mobil pecah. “Dan karena keadaan sepi banyaknya warga kampung yang bekerja, jadi

ketika api membesar warga kampung pun baru mengetahuinya,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kebakaran menghangsukan empat buah rumah dalam bentuk bedeng  terbuat dari kayu milik Wak minci (60), pekerjaan pedagang kue, Ratna (50), Ketua RT 21, Mamat (55), pekerjaan swasta dan Johar (50), pekerjaan penjaga mushola.

“Bedeng ditempati oleh 18 KK,  antara lain, Yuliana, Kokom, Usman, Mat ali, Alias, Madalena, Minci, Ratna, Mamat, Johar, Gunawan, Kusnadi, UUn, Wati , Bram, Edi, Marsonah, serta Sarwik,” bebernya dia.

Dari peristiwa itu sendiri sedikitnya lima mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Sulitnya medan, membuat tim pemadam kebakaran mengulur selang kurang lebih sepanjang 300 meter.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 WIB setelah 8 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Hingga kini kerugian belum bisa ditafsir.

Sementara Kapolsek Ilir Barat II Palembang, Kompol Tukino membenarkan adanya kebakaran yang disebabkan oleh ledakan kompor gas dari salah satu rumah warga yang juga hangus terbakar.

” Saat ini, anggota kepolisian sedang menyelidiki penyebab kebakaran, namun dari keterangan saksi yang ada dilapangan, dugaan sementara Api berasal dari kompor gas salah satu rumah warga,” ungkapnya.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster