80 Persen Pelajar Tak Miliki SIM

 265 total views,  2 views today

Kasatlantas-Polres-Banyuasin,-AKP-Sukamto

Kasatlantas Polres Banyuasin, Sukamto

BANYUASIN/KS-Pelaku pelanggaran lalulintas yang terbesar adalah dilakukan oleh para pelajar. Ironisnya  80 persen pelajar tersebut dalam berkendaraannya tak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kasat Lantas Polres Banyuasin, AKP Sukamto mengakui bahwa, tingkat pelanggaran dalam berlalulintas untuk kendaraan roda dua di Banyuasin ini didominasi oleh para pelajar.

Bahkan 80 persen pelajar  tidak memiliki SIM. Meski demikian, pihaknya tidak akan memberikan kompensasi kepada siapapun, termasuk pelajar terkait pelanggaran yang dilakukan.

“Kalau bicara aturan ‘kan bicara terkait hukum. Hukum tidak ada dispensasinya, semua berlaku sama tidak ada pengecualian. Sama halnya pelajar yang tidak punya SIM, akan tetap kita tindak, dengan penilangan. Termasuk tidak akan memberikan kemudahan bagi mereka dalam pembuatan SIM,” ucapnya, disela-sela HUT Satlantas di Polres Banyuasin, Kamis (12/9) kemarin.

Untuk menekan pelanggaran yang dilakukan kalangan pelajar ini, Kata Sukamto, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Banyuasin. Setiap Senin, pihak Satlantas Polres Banyuasin diberikan kesempatan untuk menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah. Disinilah, pelajar dihimbau untuk mematuhi aturan berlalulintas. Salah satunya melengkapi surat-surat berkendara dan kondisi kendaraan itu sendiri.

Dijelaskannya bahwa Belum memilikinya SIM bagi pelajar ini, lebih disebabkan para pelajar  belum cukup umur terkait batasan umur pemegang lisensi mengemudi.

Disinggug pelajar yang tinggalnya jauh, lagi-lagi Sukamto mengatakan tidak ada dispensasi.

“Ya kalau itu masalahnya kemanusiaan. Namun yang pasti razia akan tetap kita gelar, bukan dilakukan di sekolah, tetapi dilokasi dimana kita nilai terjadinya lakalantas,” tukasnya

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster