2014, Jembatan Musi IV Dibangun

 474 total views,  2 views today

musi-2

Ilst. Jembatan Musi II

PALEMBANG, KS-Tahun depan, Kota Palembang akan memiliki jembatan baru selain Jembatan Ampera dan Jembatan Musi II. Sebab direncanakan Jembatan Musi IV, akan dibangun mendahului Jembatan Musi III.

Pembangunan Jembatan Musi IV ini, sudah mendapat kepastian pembangunan setelah  ditandainya  dengan penandatangan nota kesepahaman antara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian PU dan Pemkot Palembang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Kota Metropolitan Palembang BBPJN III, Ahmad Taruna Jaya menjelaskan, penganggaran dana jembatan dilakukan secara bertahap melalui APBN.

Untuk tahap awal,  pemerintah pusat sudah menganggarkan dana sebesar Rp50 miliar. “Baru sebagian dialokasikan, rencananya untuk pembangunan pondasi jembatan dahulu,” jelas Taruna ketika dibincangi,Kamis(12/9).

Saat ini menurutnya, dilakukan lebih dahulu pembebasan lahan. Jika pembebasan lahan belum selesai, maka pembangunan Jembatan Musi IV tersebut belum bisa dilaksanakan. “Dana keseluruhan masih tahap penghitungan, tapi diperkirakan dana jembatan ini butuh dana sekitar Rp300 miliar,” ucapnya.

Dia menjelaskan, desain Jembatan Musi IV menggunakan desain Jembatan Musi III yang ada di Pasar Kuto.  Meski demikian, desain ini perlu di perbaharui mengingat pembuatan desain dilakukan 2008 lalu, termasuk analisa dampak lingkungan (amdal). “Kita usahakan proses updating DED (detail engineering detail) jembatan selesai tahun ini, sehingga bisa dilaksanakan tahun depan,” harapnya.

Ia menyebut, keberadaan jembatan baru dalam kota dinilai mendesak meski hasil penelitian BBJN III kondisi fisik Jembatan Ampera masih aman dilalui kendaraan. Hanya saja, jembatan ini diperlukan bridge managemen sistem (BMS), seperti pengecatan yang bertujuan memelihara dan melindungi dinding  beton pilar jembatan yang telah berpori dan keropos dapat tertutupi. “Sebelum dilakukan pengecatan harus dibersihkan dulu agar air tidak masuk ke tulang beton,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengaku, saat proses penandatangan nota kesepahaman, terjadi miss communication. Pemerintah pusat menafsir pembangunan jembatan untuk Musi V/IX. Setelah mengacu pada rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kota Palembang, titik pengajuan jembatan untuk Musi IV dan VI. “Selisih paham ini tidak menghambat pembangunan jembatan,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster