Pemkab Muba, Promosikan Potensi Wisata lewat Kuliner Khas Daerah

 312 total views,  2 views today

Bupati-Muba-H.-Pahri-Azhari-dan-Hj.-Lucianty-Pahri-saat-memasak-pada-Acara-Lomba-Memasak-Nusantara-Pindang-Patin-Khas-Sekayu..J

Bupati Muba H. Pahri Azhari dan Hj. Lucianty Pahri saat memasak pada Acara Lomba Memasak Nusantara Pindang Patin Khas Sekayu.

MUBA|KS-Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk meningkatkan potensi kepariwisataan Kabupaten Muba khususnya kuliner khas daerah, salah satunya dengan menyelenggarakan lomba masak pindang ikan patin khas Sekayu yang dilaksanakan Selasa 11 September 2013 di lapangan Gelanggang Remaja Sekayu.

Lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari dengan cara demo memasak ikan Nila goreng bumbu didampingi Ketua TP PKK Muba Hj Lucianty Pahri, tanda dimulailah lomba memasak. Turut hadir pada acara tersebut, Sekda Muba Drs H Sohan Majid MM, Asiten dan staf ahli, FKPD Muba, wakil ketua TP PKK Muba Susy Imelda Beni, pengurus Dharma Wanita Persatuan Muba, dan SKPD.

Menurut Ketua Panitia penyelenggara Kadispopar Muba Sunaryo SSTP MM, kegiatan ini dilaksanakan selain untuk meningkatkan potensi serta melestarikan kuliner pindang ikan musi banyuasin, juga dalam rangka memperingati HUT ke-68 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2013.

Selain itu kedepan di Kabupaten Musi Banyuasin akan dilaksanakan berbagai even skala Nasional maupun Internasional, dan wisata kuliner menjadi pendukung, seperti penyelanggaraan Muba Expo dan pestival Randik dalam rangka HUT Muba yang dipastikan dihadiri 10 kabupaten/Kota dan dua provinsi di Sumsel, kemudian Muba turmanen sepak bola usia 15 dimana 7 tim terbaik Indonesia akan hadir, serta even internasioanl Musi tributton November

mendatang yang diikuti 14 negara dan Kabupaten Muba sebagai lokasi opening.

Bupati Muba H Pahri Azhari sangat mengapresiasi diselenggarakannya lomba memasak ini, “Pemkab Muba sangat mendukung kegiatan lomba ini, karena sangat tepat dijadikan ajang mempromosikan potensi kuliner untuk menunjang sektor pariwisata Muba, apalagi Kabupaten Muba melalui visi Permata Muba 2017, penguatan ekonomi kerakyatan menjadi salah satu fokus program pembangunan Kabupaten Muba, dan diharapkan dapat memotivasi jiwa kewirausawan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan. Selain itu saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Muba untuk senantiasa mendukung dan mensukseskan berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Muba, guna terwujudnya Permata Muba 2017,” ujarnya

Kabag Humas Setda Kabupaten Muba Dicky Meiriando SSTP MH menambahkan, lomba memasak ini diikuti 144 orang peserta yang terbagi kedalam tiga kategori yaitu rumah makan, hotel dan umum, dengan melibatkan lima orang juri yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Hotel Arista Palembang, SMKN 1 Sekayu dan dari Hotel Ranggonang.

Masakan para peserta akan dinilai dari sisi rasa, kebersihan, tata cara penyajian masakan peserta lomba untuk menentukan pemenang juara 1,2,3 dan harapan 1,2, 3 dengan total hadiah 15 juta rupiah, dan masing-masing pemenang mendapat tambahan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah dari Bupati. (ADV)

Pengirim:
Humas Pemkab Muba
Penulis: Ria Permata Sari, Foto: Hary Sanjaya Putra





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster