ISG Terancam Batal Digelar

43 total views, 3 views today

isg

PALEMBANG | KS-Pesta olahraga internasional, Islamic Solidarity Games (ISG) III, yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 22 September – 1 Oktober 2013 mendatang, terancam batal digelar.

Pasalnya, hingga saat ini Peraturan Presiden (Perpres) sebagai payung hukum pengadaan barang membuat Sumsel tidak bisa menggelar ISG. Tanpa Perpres maka dipastikan ISG tidak bisa digelar.

Sekretaris panitia pelaksana daerah ISG, Maryama Bustam mengatakan, sampai saat ini belum ada kepastian kapan Perpres akan keluar. Sebab, sampai ini saja, Perpres belum ditandatangi sehingga membuat pihaknya dalam hal ini panitia daerah sedikit kebingungan dengan persoalan ini.

“Mau bagaimana lagi selain kita harus menunggu sampai Perpress ditanda tangani Presiden,” kata Maryama.

Mengingat pesta olahraga ini berlangsung kurang dua pekan lagi, maka pihaknya harus dipaksa memutar otak dan mencari solusi yang terbaik. Namun wanita berkacamata ini berujar apapun yang dilakukan pihaknya terasa tidak berguna sebelum Perpres ditandatangi Presiden.

Lantaran hal itu sangat menentukan apakah ISG nanti akan jadi digelar atau tidak di Palembang. “Kita sampai hari ini (kemarin.red) masih menunggu Peppres itu, jadi progresnya sejauh ini belum bisa dilihat, dan gambaran kapan Peppres itu akan turun juga belum ada,” jelas Wanita yang juga Sekretaris ISG yang menangani bidang penyelenggaraan.

Seperti diketahui, Pepres sendiri merupakan payung hukum untuk pendanaan ISG dari pusat. Untuk itu, pihaknya juga belum berapa besaran nominal yang akan dikucurkan ke Sumsel. Sehingga pihaknya belum dapat berbuat banyak soal persiapan bidang penyelenggaraan ini.

Disinggung soal infrastruktur venue. Dikatakanya, pihak terkait sudah melakukan persiapan dari segi infrastruktur, seperti perbaikan dan pemolesan seperti pengerjaan pengecatan, seperti venue tenis, perbaikan stadion  bumi sriwijaya, pengerjaan venue panahan yang hampir selesai.

Acara opening closing ISG takkan semegah  SEA Games 2011 lalu, karena keterbatasan dana, selain itu ISG sendiri memiliki banyak koridor yang harus diikuti, seperti tanpa pesta kembang api tanpa penyalaan kaldron dan pesta kembang api. Namun, pihaknya menjamin acara tetap akan meriah bernuansa khas daerah.

Terkait persiapan penyelenggaraan upacara pembukaan dan penutupan, pihaknya akan menunjuk pihak ketiga melalui tender, hal ini lebih untuk mempermudah melakukan persiapan. “Meskipun tidak semegah Sea Games lalu, tapi kita berharap ISG nanti bisa. Berjalan sukses dan meriah,” paparnya.

Menyangkut masalah Perpres, Koreografer, Deni Malik dikabarkan telah mundur sebagai kreatif Opening dan Closing ISG nanti. Deni mengatakan terkait rencana mundurnya dari opening dan closing ISG, lantaran setelah cukup lama memberikan latihan kepada 500 pelajar opening nanti.

Dia kecewa lantaran Perpres tidak turun sampai saat ini. “Jadi anak-anak agak terlantar dengan Perpress yang belum turun,” katanya.

Masih kata dia, bahwa tidak bisa menjamin apakah latihan Koreografer yang diberikanya kepada anak-anak SMA yang berasal dari Palembang ini apakah bisa dilanjutkan atau tidak, dikarenakan dia tidak merasa tega hati dengan biaya yang juga belum dikucurkan dari pusat mengingat mereka juga butuh dana untuk melakukan latihan koreografer untuk acara Opening Closing ISG nanti.

“Kasihan anak-anak harus berlatih seadanya, Apalagi kita sudah berlatih K 4 hari tapi belum ada juga kejelasan,” tandasnya.

Masalah biaya yang tak kunjung selesai, Dheni berujar dalam ini pihak Kemenpora yang harusnya bertanggung jawab lantaran ISG ini dibawahg naungan mereka.

“Saya mundur seandainya besok (hari ini-red), tidak ada biaya untuk logistik 500 pelajar dari 4 SMA di Palembang yg sudah capek-capek berlatih. Mereka berlatih di SMA 1, 2, 3 dan SMA 17. Sangat menyedihkan dan prihatin dgn sistem birokrasi yg gak pasti dan tidak jelas seperti ini,” tegasnya.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com