Sungai Musi Akan di Normalisasi

 294 total views,  2 views today

kabar-suamtera-sungai-musi

FOTO : DOK Int

PALEMBANG KS – Untuk mengatasi permasalahan pendangkalan Sungai Musi, Pemerintah kota Palembang bergerak cepat dengan mengandeng PT Pusri Palembang agar dapat turut berpartisipasi menanggulangi hal tersebut.

Walikota Palembang H Romi Herton mengatakan, sebagai salah satu perusahaan industri besar yang beroprasi di Kota Palembang, PT Pusri diharapkan dapat membantu kinerja Pemkot dalam upaya melakukan pengerukan atau normalisasi di sejumlah titik yang dianggap mengalami pendangkalan.

“PT Pusri kan menggunakan jalur transportasi sungai musi untuk dapat mensuplai hasil produksinya, jadi kita sengaja mengajak mereka untuk dapat bekerjasama menagani permasalahan ini,”kata Romi usai melakukan silahrurahmi dengan Direksi PT Pusri Palembang, Selasa (10/9).

Romi menjelaskan, rencana pengerukan ini akan dianggarkan pada tahun 2014 mendatang dan untuk tahap awalnya Pemkot Palembang akan terlebih dahulu menjalin komunikasi dengan sejulah perusahaan yang ada di kota Palembang, terutama yang oprasinya bersentuhan langsung dengan keberadaan sungai musi.

“Pada musrembang mendatang kita juga akan mengikut sertakan sejulah perusahaan yang selama ini menjadi stakeholder Pemkot agar dapat bersatu menyelesaikan sejumlah permasalahan di kota Palembang,”katanya.

Romi menambahkan, dalam kurun beberapa tahun terakhir Sungai Musi terus mengalami pendangkalan di beberapa tempat “Seperti di sekitar daerah Pulau Kemaro ada titik yang kedalaman sungainya kini hanya mencapai satu meter saja, nah kedepan ini akan ditanggulangi Pemkot yang dibantu beberapa rekanan seperti PT Pusri dan Pelindo. Dengan demikian, potensi yang terdapat dari Sungai Musi kedepan akan dapat dioptimalkan, terutama untuk kelancaran arus transportsi sungai yang turut berperan dalam menunjang perekonomian di kota Palembang,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pusri Palembang, Ir Musthofa menambahkan, pendangkalan sungai musi ini merupakan permasalahan yang harus difikirkan bersama. “Sepanjang yang kita bisa bantu, akan kita bantu, namun tidak cukup harus ada koordinasi dengan semua stakeholder dan juga harus ada koordinator yang bisa melaksanakan program ini, karena tidak hanya di Palembang saja, pendangkalan sungai musi ini juga terjadi hingga ke muara sungai yang total panjangnya mencapai 60 km,”tukasnya

TEKS : ALAM TRIE MARSATA PUTRA

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster