Jelang Penerimaan CPNS

 284 total views,  2 views today

kabar-suamtera-SKCK

Foto : DOK Int

PALEMBANG KS – Walaupun formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Sumatera Selatan (Sumsel) belum keluar, namun antusias pelamar untuk membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Kota Palembang, sudah membludak sejak 2 pekan terakhir.

Kasat Intel Polresta Palembang Kompol Ikhsan melalui Bagian Urusan (Baur) Pembuatan SKCK Polresta Kota Palembang Aiptu Akhmad Rizal mengatakan, sedikitnya 500-600 permohonan SKCK yang pihaknya terima setiap harinya, membludaknya pembuatan SKCK ini di karenakan adanya penerimaan PNS.

“Kalau hari biasa hanya sekitar 100 berkas yang kami terima, nah sejak akhir Agustus lalu, kami terima berkas 500-600 berkas per hari. SKCK ini merupakan salah satu syarat untuk masuk CPNS, makanya banyak yang buat,”ungkapnya, Selasa (10/9).

Sambung Rizal, 80 persen pemohon SKCK ini, untuk keperluan melamar CPNS, menurutnya pemohon kebanyakan yang baru lulus Kuliah, namun ada juga yang membuat untuk keperluan melamar pekerjaan umum, dan ada juga yang memohon untuk keperluan menikah dengan anggota TNI dan Polri.

“Kalau di persentase, sebesar 80 persen pemohon untuk PNS, sisanya keperluan lainnya, peningkatannya sekitar 500 persen dibanding hari biasa,”katanya.

Rizal mengaku, pihaknya dalam melakukan penyelesaian pembuatan SKCK harus kerja lembur, karena jika harus menunggu ditakutkan akan menumpuk pekerjaannya.

“Sebisanya kami selesaikan hari itu juga, kalau memang tidak bisa, terpaksa menunggu sampai besok. Biasnya kami selesaikan hingga pukul 4 subuh, berkas yang masuk pagi harus selesai semua, kecuali berkas yang masuk sore, harus menunggu besoknya,”akunya.

Sementara itu, salah seorang pemohon SKCK Faizal (25) mengaku, pembuatan SKCK ini untuk keperluan melamar PNS, karena SKCK merupakan salah satu syarat.

“Saya sudah datang ke Polresta ini sejak jam 8 pagi, karena biasanya kalau sudah pukul 10 biasanya sudah ramai pengantri,”aku pria yang baru lulus dari salah satu Universitas Swasta yang ada di Palembang ini.

Menurut Faizal, untuk mendapatkan SKCK, terlebih dahulu harus mengambil formulir, yang harus di isi indentitas diri. Kalau kita terlambat bisa-bisa kehabisan formulir.

“Jangan sampai telat, makanya saya datang pagi-pagi, syaratnya adalah fotokopy KTP, Kartu Keluarga (KK), pas foto 4×6 empat lembar, surat pengantar dari Polsekta dan pengambilan sidik jari,”tukasnya

 

TEKS : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster