Vaksin Anti Rabies Segera Disalurkan

 301 total views,  2 views today

vaksin

KAYUAGUNG | KS-Anjing merupakan salah satu binatang yang sangat berbahaya jika menggigit mangsanya apalagi jika mangsanya tersebut manusia. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut pemerintah melalui Dinas Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), bakal menyebar vaksin rabies ke 18 kecamatan di dalam kabupaten OKI.

Pantauan kabar sumatera dilapangan, Kabupaten OKI merupakan salah satu kabupaten terluas di Indonesia, yang sebagian masyarakat berpenghasilan petani yang hampir mempunyai penjaga kebun dan rumah yakni binatang jenis anjing.

Bukan hanya, itu binatang anjing liar pun marak ditemukan hampir disetiap sudut desa didalam kabupaten OKI.

Untuk mengatasi masalah dampak buruk akibat gigitan anjing tersebut, Disnakan OKI akan segera meluncurkan vaksin rabies di seleruruh wilayah di dalam Kabupaten OKI.

Kepala Disnakan OKI melalui kabid keswan Ir. Yuni saryani kemarin mengatakan, populasi anjing khususnya anjing liar dikabupaten OKI dinilai cukup banyak.

Menurutnya, semua masyarakat sering khawatir apabila tergigit oleh binatang tersebut. Bukan saja rabies, korban pun bisa meninggal dunia. “Vaksin yang bakal disebar ini merupakan berasal dari Provinsi Sumsel yang setiap tahun dibagikan, nantinya akan dibagikan melalui UPTD didalam kabupaten OKI,” ujarnya.

Ia menambahkan, masalah ini sebenarnya sederhana akan tetapi jika tidak ditangulangi secara serius, dikhawatirkan akan menimbulkan korban yang lebih banyak terutama anak-anak yang hidup dipedesaaan.

“Saat ini sering ada korban akibat anjing liar, untungnya cepat disuntik dengan vaksin rabies sehingga korban dapat diselamatkan, satu hal yang menjadi kehawatiran kita yakni anjing liar yang tidak ada pemiiknya, inilah yang hendak kita antisipasi dengan menyebarkan vaksin rabies ke seluruh UPTD,” pungkasnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster