Kemenag : Waspada Penipuan Biro Umroh dan Haji

9 total views, 3 views today

makkah

Lubuklinggau, KS-Menjelang musim haji tahun 2013, Kementrian Agama (Kemenag), Kota Lubuklinggau menghimbau kepada masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya untuk mewaspadai biro perjalanan haji dan umroh plus yang ada di Kota Lubuklinggau.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kemenag, Kota Lubuklinggau, Drs. H. Saidi ketika ditemui, kemarin.

“Ya, saya himbau jangan tertipu dengan biro perjalanan haji dan umroh. Soalnya sudah banyak calon jamaah yang tertipu,” ujarnya.

Menurutnya, biro perjalanan ibadah Haji dan Umroh merupakan ibadah yang sangat diidamkan oleh kaum muslim, oleh karenanya dalam hal memilih Biro Perjalanan haji, masyarakat diharapkan teliti dan mengetahui secara menyeluruh tentang legalitas Biro Perjalanan Haji & Umroh plus tersebut.

“Beberapa modus yang digunakan untuk menipu calon jamaah umroh dan haji ini adalah antara lain dengan hanya membayar uang muka bisa berangkat atau dengan sistem arisan berantai yaitu cukup dengan membayar dengan jumlah uang tertentu lalu mengajak setidaknya dua orang dibawahnya lalu mendapatkan jaminan akan pergi umroh & haji secara gratis,” bebernya.

Sementara itu, dari catatan pihak Kepolisian Resort Kota (Polresta), Lubuklinggau, saat ini sudah tercatat ada  19 calon jama’ah umroh yang gagal berangkat dikarenakan ditipu oleh Biro perjalana haji abal abal.

Kabid Humas Polres Kota Lubuklinggau, AKP Winarno ketika dihubungi, mengatakan bahwa untuk kasus penipuan yang mengatasnamakan Biro Perjalanan Haji & umroh dalam tahun ini ada sekitar 19 calon jama’ah umroh yang gagal berangkat dikarenakan ditipu.

“Ya, ada 19 orang yang melaporkan penipuan tersebut  adalah Jawariah, Dencik, Ratna Ningrum, Jakaria, Jusni, Sustiah, Humaidi, Nurbaya, Sundari, Aji, Tapsia, Rukmini, Nurbaya, Parman, Nurbani, Noto, Sami, SUbaidah, dan Nurhani,” ungkapnya.

Ia menambahkan, masing masing telah tertipu sebesar Rp 10.600.000 sebagai uang muka untuk berangkat umroh. “Ini berdasarkan laporan yang diterima Polres Lubuklinggau tertanggal 30 Maret 2013,” singkatnya.

Teks: Supriadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com