8 Anggota PAW DPRD OI Batal Dilantik

 378 total views,  2 views today

DPRDINDERALAYA|KS-Dengan berpenampilan rapi memakai jas dan dasi, Rusnadi, Sip, satu dari delapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Ogan Ilir yang akan dilantik nampak terlihat hilir mudik di depan ruang rapat paripurna dengan raut wajah penuh tanda tanya.

Hal itu sangat beralasan, pasalnya pria yang merupakan anggota Pengganti Antar Waktu (PAW), dari Partai Perjuangan Indoneisa Baru (PPIB), yang menggantikan Tazkiah ini sudah mengetahui kabar jika pelantikan untuk menjadi anggota dewan batal dilakukan.

Raut wajah kecewa pun nampak terlihat sesaat setelah Ketua DPRD OI, Iklim Cahya mengetuk palu terkait penundaan pelantikan tersebut.

“Ya, kami sangat kecewa, SK pelantikan itu dibuat 31 Juli tertanda Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan kami menerima SK itu pada 21 Agustus bernomor 588 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD. Kami heran juga mengapa kami ini gagal dilantik. Kataya masih akan menelaah SK itu. Kami seakan seperti disambar petir saja,” tutur Rusnadi dengan penuh kecewa.

Selain itu, dirinya juga mempertanyakan keberadaan Badan Musyawarah (Banmus), yang dilakukan pada 2 September lalu guna menjadwalkan hari pelantikan anggota PAW. Namun riil dilapangan, pelantikan dibatalkan.

“Jelas-jelas aturan hukum yang dilanggar. SK sudah ada, undangan sudah ada. Bahkan kami sudah melakukan gladi bersih. Masak pembatalan pelantikan hanya by phone saja,” kesalnya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Maryani. Wanita yang akan dilantik menggantikan Fathul Jaya ini juga mempertanyakan pembatalan pelantikan dirinya bersama tujuh anggota lainnya.

“Awalnya kami semua dapat undangan untuk dilantik, tapi saat sedang melakukan gladi bersih, ada kabar jika pelantikan ditunda dan batal. Ketua DPRD dapat telepon dari Gubernur jika pelantikan batal dilaksanakan,” tuturnya.

 

Maryani menambahkan, dirinya bersama anggota lain yang masuk dalam PAW akan terus memperjuangkan pelantikan tersebut. “Kami terus memperjuangkan pelantikan tersebut. Rencananya, kita bersama anggota lain yang batalo di lantik akan menanyakan hal itu langsung kepada Gubernur Sumsel,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Ogan Ilir H Iklim Cahya, kemarin, mengatakan, batalnya pelantikan tersebut disebabkan adanya pengkajian kembali SK yang dikeluarkan terkait amar putusan MK yang menyebutkan bagi anggota legislatif yang berasal dari partai yang bukan peserta pemilu 2014 tidak harus mengundurkan diri atau diberhentikan.

“Setelah berkoordinasi dengan unsure muspida dan lainnya, akhirnya kami sepakat untuk menunda pelantikan PAW anggota DPRD yang dijadwalkan hari ini. Nanti kami akan konsultasikan lebih lanjut ke Gubernur Sumsel H Alex Noerdin selaku pengambil kebijakan sampai dengan waktu yang belum ditentukan,”kata

Sementara itu, dirinya mengaku memang benar dibatalkannya pelantikan anggota PAW tersebut lantaran terkait dengan amar putusan MK sehingga diupayakan ke depan akan ada pengkajian kembali.

“Kami harap mereka (anggota PAW red), dapat lebih mengerti dengan kondisi ini. Untuk masalah penggajian setelah dilantik baru akan keluar,”tuturnya.

Informasi yang dihimpun, batalkannya proses PAW anggota DPRD tersebut karena adanya instruksi langsung dari Gubernur Sumsel H Alex Noerdin perihal amar putusan MK.

Keputusan tersebut membuat impian anggota dewan yang akan dilantik untuk secepatnya mencicipi empuknya kursi dewan tertunda. Padahal, ada beberapa anggota dewan baru yang sudah melakukan syukuran terkait adanya pelantikan tersebut.

Untuk diketahui ke delapan anggota DPRD Ogan Ilir yang di PAW yakni dari Partai Golkar Amirul Mukminin menggantikan Darwin Harja dan M Salim AK menggantikan Andi Azhari. Partai Bintang Reformasi (PBR), Azmin H Sardini menggantikan Irawadi Sahil Sahal dan H Edison Mulkan menggantikan Sonedi. Sementara dari PDK Arham Padoli menggantikan Hardi Sofuan dan Harman Nadi menggantikan Yenny KH Makmun. PPIB Kusnadi menggantikan Taskiya dan Partai Pelopor Muryani menggantikan Fathul Jaya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster