Semua Harus Ikhlas Terima Hasil PSU

 199 total views,  2 views today

surat-suara]PALEMBANG, KS-Sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumatera Selatan (Sumsel) nomor urut 3, Herman Deru-Maphilinda Boer (DerMa) unggul dalam perolehan suara pada pemungutan suara ulang (PSU) pemilukada Sumsel, 4 September lalu.

Namun sejumlah lembaga survei pun menyebut, jika hasil PSU digabungkan dengan hasil perolehan suara di 11 kabupaten dan kota yang tidak menyelenggarakan PSU, maka pasangan cagub-cawagub nomor urut 4, Alex Noerdin-Ishak Mekki lah yang justru akan memenangkan pemilukada Sumsel.

Tetapi cagub Sumsel, Alex Noerdin enggan mengomentari hasil itu. Menurutnya, pemilukada dan PSU belumlah usai. Sebab KPU Sumsel, sampai saat ini belum melakukan rekapitulasi suara dari kabupaten dan kota yang menyelenggarakan PSU yakni Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur dan Kecamatan Warkuk, Kabupaten OKU Selatan.

“Saya masih menunggu rekapitulasi yang dilakukan KPU Sumsel, namun kita sebagai masyarakat  khususnya para kandidat untuk ikhlas menerima apapun  hasilnya dari KPU Sumsel nantinya,” kata Alex yang dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, kemarin.

Ia menyebut, perhitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei terhadap perolehan suara PSU, pasangan DerMa unggul. Namun karena hasil PSU di lima wilayah Sumsel tersebut setelah di akumulatifkan  pada hasil wilayah lainnya yang non PSU, pasangan Alex-Ishak unggul

Bahkan berdasarkan data statistik yang dihimpun tiga lembaga survei, LSI, Strategos, dan Puskaptis, pasangan Alex-Ishak  masih unggul dengan perolehan 40,76 persen atau 81 ribu suara dari pesaing terdekatnya pasangan  DerMa yang hanya finish di angka 33,52 persen, ESP–WIN 14,95 persen, dan Iskandar–Hafisz 10,78 persen.

“Hasil tersebut  murni dari rakyat. Untuk itu, semua pihak tentunya harus mengerti dan dewasa dalam memaknai arti demokrasi sesungguhnya.Syukur alhamdulilah, inilah hasilnya  dan mudah-mudahan semuanya dapat dengan  ikhlas menerimanya,” bebernya.

Begitu juga sebaliknya, apabila masih ada pihak lain yang merasa masih tetap tidak menerima hasil dan menuding melakukan kecurangan maka sebut Alex, sebaiknya diserahkan sepenuhnya pada pihak berwenang.

“Jadi andaikan memang masih ada pasangan, yang masih ingin mengumpulkan bukti-bukti silakan saja dan tidak harus untuk di komentari itu. Tapi, ini semuanya kita serahkan  pada KPU selaku pihak berwenang, dan pihak-pihak berwajib tentu sudah tahu tugasnya, hasil PSU ini juga akan dilimpahkan KPU kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Kita tungggu keputusan itu, selanjutnya,” tegasnya.

Alex juga berharap semua pihak bisa menjaga suasana yang kondusif di Sumsel, sampai adanya putusan MK. “Suasana kondusif ini, harus kita pertahankan. Apalagi kita akan menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG), yang diikuti 44 negara,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster