Pasar 16 Ilir Dirobohkan

 428 total views,  2 views today

roj2du9h

PALEMBANG, KS-Pemerintah Kota (pemkot) Palembang akan merivitalisasi secara keseluruhan Pasar 16 Ilir, Palembang. Direncanakan gedung lama pasar yang terletak dipingiran Sungai Musi tersebut, akan dirobohkan untuk dibangun kembali menjadi 20 lantai.

Bangunan lama Pasar 16 Ilir tersebut menurut Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani, tidak bisa lagi dipertahankan. Karena bangunan itu, di desain tidak sesuai peruntukannya. “Bangunan Pasar 16 Ilir, tidak didesain untuk sesuai kenyamanan. Belum lagi, dari enam lantai yang ada hanya dua lantai yang terpakai optimal,” kata Isnaini dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, pembongkaran secara menyeluruh akan dilakukan dalam waktu dekat ini, setelah fasibility study (FS) selesai dilakukan. Menurutnya kemungkinan FS sudah selesai dilakukan tahun ini, setelah itu barulah bangunan lama di robohkan. Di atas puing-puing bangunan itu, akan dibangun kembali bangunan baru.

Bangunan baru tersebut kata Isnaini, akan di desai seperti mal dan menghadap ke Sungai Musi.  “Secepatnya, kita akan koordinasikan dengan PD Pasar Palembang Jaya terkait rencana ini. Sesuai dengan konsep dan untuk kenyamanan pengunjung, pasar ini akan dibangun dengan gaya mal dengan lantai split dan dilengkapi lift serta eskalator,” bebernya.

Dalam konsepnya menurut Isnaini, lantai teratas akan dibangun restoran dan hotel berbintang yang menghadap sungai. Karenanya dinding bangunan itu, akan di pasang kaca agar memudahkan pengunjung menikmati keindahan Sungai Musi dan Kota Palembang pada malam hari.

Sementara untuk pedagang kaki lima (PKL) bebernya, akan diberikan satu lantai khusus. Untuk areal parkir, akan terpisah. “Kalau ada hotel dan restoran, pasti akan ada gedung parkirnya. Sehingga kendaraan, tidak lagi parkir diluar gedung atau badan jalan, agar kemacetan kawasan itu bisa di tanggulangi,”ucapnya seraya menjelaskan selama pengerjaan kontruksi bangunan tersebut pedagang tetap di perbolehkan bedagang.

Sementara itu Direktur PD Pasar Palembang Jaya, Apriadi menambahkan, PD Pasar sudah mendapatkan arahan dari wali kota terkait revitalisasi Pasar 16 Ilir tersebut. Saat ini jelasnya, tengah dilakukan perencanaan, desain hingga kontruksi bangunan pasar.Pasar tersebut, tidak hanya untuk pasar saja, tetapi ada fasilitas pendukung yang lengkap sehingga sangat nyaman dikunjungi seperti parkir, halte, taman, infrasktur, sistem keamanan, toilet dan  lainnya.

“Prinsipnya,  kami mengikuti rencana dan arahan wali kota. Ya kalau memang 20 lantai, kami siap. Yang pasti perlu dipelajari dan dikaji lebih dalam,”imbuhnya.

 

Ia menambahkan, jika melihat arahan wali kota maka Pasar 16 Ilir yang akan dibangun ulang tersebut akan mengusung konsep perpaduan antara pasar tradisional dan pasar modern plus perkantoran.

Ia pun menjelaskan, walau akan dibangun baru namun  ciri khas bangunan lama, baik arsitektur hingga peruntukannya menjadi  kawasan industri dan perdagangan tetap akan dipertahankan.

Meski sudah ada  desain sebelumnya namun  pihaknya akan tetap melakukan re-desain, karena  sebelum dibangun harus mendapatkan  desain  yang sesuai kebutuhan dan peruntukannya.

Untuk itu, masih kata Apriadi, saat ini pihaknya meminta bantuan pada Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) untuk merencanakan desain. Setelahnya, pihaknya akan menginventarisai para pedagang yang berjualan setiap lantainya. ”Secara umum, pasar  sudah tidak refresentatif, karena itu  bila memungkinkan  bangunan akan kita bongkar dan desain dari awal,”ucapnya,

Disinggung  mengenai relokasi  pedagang, Apriadi menambahkan,  pihaknya tengah memilikirkan opsi relokasi pedagang, namun pihaknya belum tahu akan direlokasi kemana.”Belum tahu, masih kita kaji. Yang pasti tempat direlokasi harus strategis dan dekat dengan pasar,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster