Yan Anton Kantongi SK Mendagri Dilantik 9 September

 407 total views,  2 views today

BANYUASIN/KS-Pasangan calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) Banyuasin, Yan Anton Ferdian dan Supriono dikabarkan telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri), terkait pelantikan mereka sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin periode 2013-2018.

SK Mendagri dimaksud adalah SK nomor 131.164 840 tahun 2013. Dengan adanya SK tersebut, pasangan ini bakal melenggang menduduki kursi orang nomor satu dan dua di Banyuasin.

Kondisi ini kian dikuatkan, dengan digelarnya rapat badan musyawarah (banmus) DPRD Kabupaten Banyuasin, Jumat (6/9). Informasi yang didapatkan Kabar Sumatera, dalam rapat tersebut telah diputuskan kalau pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin itu akan digelar Senin (9/9) mendatang.

Rencananya Yan-Sas, di agendakan akan dilantik oleh Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dalam rapat paripurna istimewa DPRD Banyuasin. Pantauan Kabar Sumatera, rapat banmus tersebut hanya dihadiri 12 anggota saja dari 24 anggota banmus. Ke 12 anggota yang hadir itu diantaranya, Agus Salam, Herawati dari Fraksi Partai Golkar, Jakaria , Haidir Alimahmudi dan Usman dari Fraksi Partai Demokrat.

“Ya, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin periode 2013-2018 sudah diputuskan dalam rapat banmus tadi akan digelar pada Senin, 9 September mendatang,” kata Ketua DPRD Banyuasin, Agus Salam.

Soal ketidak hadiran anggota banmus lainnya, dalam rapat tersebut, Agus Salam enggan berkomentar.

Sebagai informasi, seperti diberitakan Kabar Sumatera sebelumnya, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Banyuasin terpilih periode 2013-2018, gagal dilaksanakan.  Pasangan Yan Anton Ferdian-Supriono SA, yang di jadwalkan dilantik sebagai Bupati dan Wabup Banyuasin, Rabu (14/8) di DPRD Banyuasin, dibatalkan.

Gagalnya pelantikan Bupati-Wabup Banyuasin ini, dikarenakan SK Mendagri tentang pelantikan Bupati-Wabup Banyuasin itu belum ada.  Ketua DPRD Banyuasin, Agus Salam sempat membuka rapat paripurna istimewa tersebut. Namun ia kemudian menyampaikan kalau, pelantikan ditunda.

” Pelantikan Bupati-Wabup Banyuasin periode 2013-2018, ditunda sampai batas waktu secepat-cepatnya,” kata Agus dalam rapat paripurna istimewa tersebut, yang kemudian langsung mengetuk palu menutup rapat tersebut. Mendengarkan hal itu, tamu dan undangan pun tak pelak langsung bubar.

Dibincangi usai paripurna istimewa, Agus menyebut ditundanya pelantikan Bupati-Wabup Banyuasin ini karena belum ada SK dari Mendagri.  Ia belum bisa memastikan, kapan SK Mendagri bakal turun sehingga pelantikan bisa dilaksanakan.

Sementara itu Kepala Biro (Karo) Otonomi Daerah (Otoda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Yudiantoro  juga mengatakan yang sama. “Untuk hari ini, tidak ada agenda pelatikan Bupati dan Wabup Banyuasin Periode 2013 -2018.  Kapan pelantikannya, belum dipastikan,” tegasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan Mendagri menunjuk Sekda Banyuasin, Firmansyah sebagai karaketer Bupati Banyuasin. “SK penunjukan Sekda Banyuasin sebagai karateker Bupati Banyuasin, tadi pagi di fax oleh Kemendagri,” tukasnya.

Teks     :  Diding Karnadi

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster