Salah Hitung, PSU Pilkades Desa Guci Berlangsung Alot

 261 total views,  2 views today

Salah-hitung-PSU-Pilkades-berlangsung-alot

Suasana penghitungan suara ulang Pilkades Desa Guci di Kantor Camat Ujan Mas.

MUARAENIM I KS-Setelah melalui pertemuan yang cukup alot, akhirnya berdasarkan hasil musyawarah mufakat antara calon Kepala Desa dan Panitia Pilkades yang di tengahi oleh Camat Kecamatan Ujanmas Holika S sos, di Ruang aula pertemuan Kantor Camat Ujan Mas, kemarin (6/9), disepakati Penghitungan Suara Ulang (PSU) dikarenakan pada Pemilihan Kades yang telah dilakukan pada Sabtu (31/8) lalu, terdapat kekeliruan saat penghitungan suara.

Jumlah warga yang mengeluarkan hak suaranya berbeda dengan jumlah hasil perhitungan di TPS.

“Saat perhitungan suara berlangsung, ada sebanyak 698 warga yang mengeluarkan hak pilihnya. Namun, saat penghitungan suara dilakukan terdapat 700 suara. Ini berarti ada kelebihan dua suara. Oleh karena itulah dilakukan penghitungan suara ulang,” tutur Camat Ujan Mas Holika S Sos seusai penghitungan suara ulang kepada Kabar Sumatera, Jumat (6/9).

Pada penghitungan suara sebelumnya, calon kades nomor urut dua atas nama Khoirumansyah unggul satu suara dari calon kades nomor urut dua atas nama Abu Hasan. Calon nomor satu mendapatkan 345 suara, sedangkan calon nomor dua mendapatkan 365. Dan suara tidak sah sebanyak sembilan suara.

“Pada PSU, calon dengan nomor urut dua masih tetap unggul satu suara dengan calon nomor satu. Dan antara jumlah warga yang mengeluarkan hak pilihnya sesuai dengan jumlah suara yang dihitung ulang. Namun, terjadi perubahan jumlah suaranya, dimana calon nomor satu mendapatkan suara¬† sebanyak 344 dan nomor urut dua sebanyak 345. Suara tidak sah sembilan suara. Jumlah suara seluruh 698,” terang Holika.

Kesalahan penghitungan yang dilakukan oleh panitia ini, dikarenakan saat penghitungan suara dilakukan tiba-tiba hujan deras disertai angin kencang. Sehingga panitia dan saksi panik. Nah, saat itulah diduga terjadi kekeliruan penghitungan oleh panitia. Saat itu, terang dia, panitia melakukan dua kali pemindahan kotak suara karena diterpa air hujan dan genangan air.

“Kita bersyukur, PSU yang kita lakukan berjalan dengan aman dan lancar. Dimana, kedua belah pihak telah mengakui dan menerima hasil PSU yang dilakukan. Saya berharap, kepada calon yang menang dan kalah untuk saling bekerjasama dalam membangun Desa Guci agar kedepannya lebih baik lagi,” harap Holika.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster