Dinkes Kerahkan 298 Tenaga Medis di ISG

 138 total views,  3 views today

Dinkes-Kerahkan-298-Tenaga-Medis-di-ISG

Ilst. | Bagus Park

PALEMBANG | KS-Guna mensukseskan event olahraga antar umat Islam, Islamic Solidarity Games (ISG) III, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), 22 September-1 Oktober mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel akan mengerahkan setidaknya 298 tenaga medis dan 41 ambulance.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Fenty Aprina, melalui Dr. Melzan ketua divisi Kesehatan ISG III mengungkapkan, jumlah sebanyak itu didapat pihak dengan menjalin bekerjasama bersama Dinkes Provinsi Sumsel, Kota Palembang, dan beberapa rumah sakit yang ada di Kota Palembang. Terdiri dari dokter, perawat, dan dari Balai Besar POM serta ada juga dari tim palang merah Indonesia (PMI) Sumsel.

“Para tenaga medis yang akan melayani para peserta ISG tersebut terdiri dari tenaga kesehatan seperti dokter umum dan spesialis serta perawat,” katanya, saat dibincangi di Hotel Jayakarta usai mengikuti rapat koordinasi dengan panitia daerah, Jumat (6/9) kemarin.

Ia menjelaskan, nantinya para tenaga medis tersebut berpusat di Medical Center yang berada di Komplek Jakabaring Sport City (JSC). Para tenaga medis dan ambulance nantinya akan bertugas disetiap venue.

“Para tenaga medis nantinya selain berada disetiap venue yang ada. Juga akan berada di sejumlah hotel-hotel tempat para atlet dan offisial menginap, serta tak lupa di bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II. Selain itu juga khusus di Medical Center Jakabaring akan di stand by kan para dokter spesialis bedah, dalam, saraf, mata, THT, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurutnya, selama perhelatan ISG, di medical center nantinya akan dibuka selama 24 jam yang mulai beroperasai pada Senin (9/9) mendatang. Seluruh tenaga medis akan mulai bekerja, serta khusus petugas yang berada di venue itu disesuaikan pada jadwal masing-masing pertandingan.

Selain itu juga medical center tersebut nantinya akan dilengkapi dengan fisiotrafi, ronsen, labotarium, dan ada juga ruangan khusus untuk masage untuk mengantisifasi para atlet yang mengalami cedera kecil sebelum ke rumah sakit.

“Fasilitas yang kita sediakan ini hampis sama pada saat perhelatan SEA Games 2011 yang lalu. Jadi kita sudah mempunyai pengalaman khusus untuk teknis kesehatannya,” bebernya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah meyiapkan 41 ambulance yang akan dilengkapi satu ambulance satu orang dokter dan satu orang perawat yang akan stand by di setiap venue. Menurutnya secara keseluruhan semua khusus untuk tenaga medis itu tidak ada kendala yang berarti, mengingat seluruh tenaga medis merupakan esk SEA Games 2011 yang lalu.

“Ambulance tersebut kita bekerjasama dengan pihak Dinkes provinsi, kota Palembang, dan rumah sakit yang ada di kota Palembang. Ke 41 ambulance tersebut diperkirakan akan cukup untuk melayani hal-hal yang tidak diingginkan setelah dan sesudah pertandingan. Seperti di cabor sepakbola itu akan kita tempatkan 2 ambulance,” tukasnya.

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster