35 Penumpang Berebut Keluar Lewat Pintu

 1,338 total views,  2 views today

HL-Andalas

Bus Akap yang terguling di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Km 12, Palembang –Inderalaya, Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI)

INDERALAYA|KS-Raut wajah Iwan (34), nampak terlihat pucat. Tubuhnya pun terlihat masih lemas dan sesekali duduk sambil meluruskan kakinya di salah satu warung.

Warga Palembang ini juga terlihat masih shock lantaran baru saja mengalami musibah kecelakaan karena bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), ANS dengan Nopol B 7229 WV tujuan Jakarta yang ditumpanginya terbalik.

Bersama puluhan penumpang lainnya, Iwan berjibaku sekuat tenaga berebut keluar untuk menyelamatkan diri. Ironis, pintu tersebut hanya satu yakni didepan.

Peristiwa naas itu terjadi pada Jumat (6/9) sekitar pukul 05.00 Wib, di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Km 12, Palembang –Inderalaya,  Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI). Dugaan sementara, sopir yang belum diketahui identitasnya alias kabur ini mengantuk.

Informasi yang terhimpun, saat itu bus dari Padang tujuan Jakarta melaju dengan kecepatan tinggi. Saat sampai dilokasi, sopir bus diduga mengantuk dan bus oleng.

Lantaran tidak mampu mengendalikan kendaraannya, bus langsung menghantam pembatas jalan dan tiang listrik hingga menyebabkan bus terguling ke kanan dan tepat berada di tengah badan jalan jalur berlawanan.

Sebanyak 35 penumpang yang sebagaian tertidur sempat terhentak dan terbentur bangku penumpang. Dengan suasana panik, puluhan penumpang berebut keluar yang hanya satu pintu yakni di depan untuk menyelamatkan diri.

Warga yang mendengar suara tersebut langsung keluar untuk menolong korban. Penumpang akhirnya dapat dievakuasi dari dalam bus yang sudah terguling. Akibat benturan keras, kaca bus bagian depan pecah begitu juga dengan kaca samping bus.

Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka. Puluhan penumpang akhirnya dapat melanjutkan perjalanan kembali setelah menunggu selama 3jam dengam mobil pengganti.

Hingga pukul 16.00 WIB, bus belum dievakuasi ke Pos Pol Lantas Kayuara yang hanya berjarak 2km.

Dilapangan terpantau, arus lalu lintas sedikit tersendat, meski badan bus tidak menghalangi jalan, namun banyak pengguna jalan yang berhenti sejenak untuk melihat bangkai bus.

Kasatlantas OI, AKP Haris Batara didampingi Kapospol Kayu Are, Aipda Pirman S SH, mengatakan, dalam kejadian tersebut sebanyak 35 penumpang bus selamat dan tidak ada korban jiwa maupun luka berat. “Penumpang umumnya shock atas kejadian tersebut.

’’Usai terbalik sopirnya sudah tidak ada ditempat, namun ke 35 penumpang yang berada di Bus ANS semuanya dalam kondisi selamat dan sudah dialihkan ke Bus ANS lainnya,’’ ungkapnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster