750 Bak Sampah Disebar ke Kelurahan

 202 total views,  4 views today

kotak-sampah

Ilst Kotak Sampah

PALEMBANG, KS-Tak mau dibuat malu dengan tumpukan sampah saat pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) ke III, 22 September-1 Oktober mendatang,  Dinas Kebersihan Kota (DKK) Palembang menyiapkan 750 bak sampah.

Bak sampah ini menurut Kepala DKK Palembang,  Agoeng Noegroho, akan disebar di 16 kecamatan yang ada di Kota Palembang. “Ini merupakan langkah pemkot untuk memberikan citra Palembang lebih bersih, terutama menjelang ISG,” kata Agoeng yang dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (6/9).

Ia menyebut, ada 16 kecamatan dan 107 kelurahan di kota empek-empek ini. Artinya, setiap kelurahan akan mendapatkan 5 sampai 6 bak sampah. Sehingga bagi mobil sampah yang tidak dapat mengangkut sampah, bisa menggunakan motor sampah.

“Kita akan sesuaikan dengan kebutuhannya, lokasi tempat tinggal dan penduduknya. Nanti akan disiapkan bak sampah berukuran 4×5 meter dan 5×10 meter, setiap kelurahan akan mendapatkan bak sampah,”ucapnya.

Selain mempersiapkan tempat sampah di kelurahan, Agoeng menjelaskan, DKK telah mengantisipasi sumber bau yang dihasilkan dari bak sampah seperti yang selama ini terjadi. “Kita sudah siapakan cairan khusus biodraft, untuk menghilangkan bau tak sedap dari sampah,”jelasnya.

Menurut Agoeng, langkah-langkah untuk penanggulangan sampah dan bau sampah ini, tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi akan dilakukan secara berkelanjutan. Namun, sekarang ini baru diprioritaskan di sebagian dulu, dan yang dapat dijangkau.

“Sampah tersebut akan disiram dengan cairan itu, namun ini tergantung dengan jenis sampahnya. Umumnya sampah organik akan lebih bau, sehingga pemakaiannya mungkin berbeda, nantinya untuk melakukan penyiraman, akan melibatkan sejumlah sumber daya manusia (SDM) untuk menanganinya,”imbuhnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Palembang, juga melakukan kegiatan bersih-bersih untuk menyambut kedatangan duta-duta olahraga yang bakal berlaga di ISG.

Kepala BPBPK Palembang, Edison menyebut, sejak Juli lalu BPBPK sudah melakukan kegiatan tersebut. Menurutnya, BPBPK ditugaskan, untuk membersihkan sejumlah titik jalan protokol, fly over, dan jembatan penyebrangan orang (JPO) dari tanah,semen serta bahan sisa bangunan. “Kami melakukannya pada malam hari, sekitar pukul 23.00 WIB-03.00 WIB.Kita pilih malam hari guna menghindari kepadatan lalu lintas dan aktivitas masyarakat,”terangnya

 

Edison menyebutkan, Jalan H Bastari dan Jalan Soekarno Hatta menjadi jalur yang masih sangat perlu dibersihkan setelah Jalan Basuki Rahmat. Setidaknya, setiap malam dibutuhkan 4-5 armada BPBPK yang masing-masing bergerak empat kali, dengan membawa 8000 kubik air.

Secara teknis, armada akan menyemprot tanah atau semen ke pinggir jalan. Dengan dibantu petugas DKK dan PUBM, bahan bangunan yang sudah disisihkan itu diangkut. “Koordinasi dengan pihak terkait tentu dilakukan, terutama dengan DKK yang banyak menginformasikan jalur yang perlu dibersihkan,”bebernya

Sambung Edison, pembersihan jalan protokol ini tidak akan mengganggu kesiagaan petugas untuk bencana kebakaran. Sebab, dari 45 petugas yang piket tersebut tetap harus jaga di posko. “Kami tidak bergerak membersihkam jalan jika memang ada kebakaran. Begitu juga untuk malam minggu ditiadakan jadwalnya, karena ramai dan jalanan serta taman tetap ramai,”tukasnya .

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster