12 Desa Minta Usulkan Pemekaran

 2,392 total views,  2 views today

banyuasinBANYUASIN/KS-Masyarakat di 12 Desa, di Kecamatan Pulau Rimau yang berada di wilayah Selat Kuningan terus mengusulkan pemekarkan kecamatan. Pemekaran kecamatan bertujuan mempercepat pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan  salah satu tokoh penggagas pemekaran, Sugeng S kepada Kabar Sumater, kemarin.

Menurutnya, usulan pemekaran pernah disampaikan tahun 2009 lalu dan masyarakat sangat mendukung untuk menjadi kecamatan terpisah dari Pulau Rimau.

“Kita telah mengajukan usulan pemekaran ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin dari Kecamatan Pulau Rimau untuk menjadi Kecamatan Selat Kuningan dan keinginan ini telah kita ajukan tiga tahun lalu. Keinginan ini didukung oleh semua masyakarat Selat Kuningan,” ujarnya.

Lanjutnya, keinginan menjadi Kecamatan Selat Kuningan di dukung sebelas desa seperti Desa Nunggal Sari, Sumber Rejo, Kelapa Dua, Sumber Agung, Sumber Mukti, Mekar Sari, Wono Dadi, Songo Makmur, Bumi Rejo, Purwodadi, Karang Manunggal, dan Desa Ringin Harjo.

“Sebelas desa telah sepakat dan sepaham untuk menjadi kecamatan tersendiri, selain itu kita juga betul – betul siap untuk menjadi kecamatan. Para pendukung telah kita siapkan mulai dari infrastruktur untuk perkantoran sampai SDM. Seperti untuk fasilitas pendidikan, kita ada SD,SMP,SMA hingga Universitas,” tegasnya.

Hal ini dibenarkan mantan Kades Sumber Mukti, Ikhsan Zahir. Menurutnya, pemekaran kecamatan bertujuan mempercepat pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu, cakupan wilayah kecamatan pulau rimau terlalu luas karena saat ini terdiri atas 29 desa.

“Wilayah Pulau Rimau terlalu luas, selain itu kalau ada pemekaran tentunya “kue” pembangunan akan lebih merata dan percepatan pembangunan akan lebih dapat dilakukan apalagi didukung penuh oleh komponen desa yang ada dalam kecamatan tersebut. Pasca Pemilukada ini tolong dimekarkan,” ungkapnya.

Terpisah, PLH Camat Pulau Rimau, Salinan SSos Msi melaui Kasi PMD Muhammad Daud membenarkan adanya keinginan masyarakat ingin membentuk Kecamatan Selat Kuningan.

“Keinginan masyarakat sudah ada sejak beberapa tahun lalu, kini kembalimenguat. Kalau kami hanya mengikuti aturan saja, kalau memang harus dimekarkan silahkan sepanjang untuk kepentingan masyarat sendiri,” pungkasnya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster