Pusri Dorong Anak Petani Jadi Sarjana

 464 total views,  2 views today

sarjanaPALEMBANG | KS-Untuk mendorong anak petani menjadi sarjana. PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan beasiswa tingkat perguruan tinggi melalui program kepedulian sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR), “Ini merupakan pengembangan dari program sebelumnya yang hanya untuk pelajar SD hingga SMA sederajat,” kata Direktur Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Musthofa di Palembang,  Rabu (4/9).

Ia menjelaskan beasiswa program CSR “Anak Petani Jadi Sarjana” yang baru pertama kali diterapkan pada 2013 ini, dapat mendorong anak petani, dan buruh tani meneruskan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

” Beasiswa ini khusus diberikan bagi mereka yang berasal dari keluarga petani atau buruh tani yang tergolong kurang mampu dan telah terdaftar sebagai mahasiswa baru perguruan tinggi di Indonesia yang mengambil program studi bidang pertanian,” ujarnya.

Sementara ini ada 10 anak petani dan buruh tani kurang mampu yang terdaftar sebagai mahasiswa pada tahun akademik 2013/2014 telah memanfaatkan beasiswa itu.

Bagi anak petani dan buruh tani lainnya yang berminat untuk mengikuti program beasiswa itu, dapat mengajukan surat permohonan program beasiswa di Departemen Humas PT Pusri Kantor Pusat Jalan Mayor Zen Palembang, dengan melampirkan kartu tanda mahasiswa (KTM), surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW, dan KTP orang tua berprofesi petani atau buruh tani serta keterangan pendukung seperti prestasi yang pernah diraih.

Menurutnya, beasiswa pendidikan tinggi dipilih guna lebih mendekatkan perusahaan dengan petani, karena petani sebagai konsumen utama pupuk urea banyak yang dalam kondisi ekonomi tidak berkecukupan.

Melalui program CSR pendidikan itu diharapkan nantinya mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dapat mengubah perekonomian keluarga lewat jalur pertanian yang ditekuni para orang tua mereka.

Selain itu, diharapkan pula anak-anak petani yang telah menjadi sarjana dapat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dunia pertanian di Indonesia.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster