Jalan Setapak Mubazir

 260 total views,  2 views today

foto-Lintas-1---Tampak-jalan-setapak-di-Desa-Pinang-Belarik-rusak-usai-dibangun.

Tampak jalan setapak di Desa Pinang Belarik rusak usai dibangun.

MUARA ENIM  | KS-Proyek jalan setapak di Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muaraenim dari Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Muaraenim senilai Rp 200 juta tahun 2012 lalu, dinilai mubazir dan terkesan asal jadi. Pasalnya, baru saja selesai dibangun, proyek itu kini sudah hancur total.

“Saat selelsai dibangun, saya meminta kepada kontraktor yang melaksanakan proyek tersebut, agar segera memperbaiki jalan yang rusak kembali usai mereka bangun. Namun, nyatanya jalan yang rusak itu tidak mereka perbaiki, dan hingga kini dibiarkan rusak,” tutur Kepala Desa Pinang Belarik Arsuan kepada para awak media.

Proyek yang dikerjakan ini, kata dia, terkesan asal jadi saja dan jika terus dibiarkan, maka akan dapat merugikan Pemkab Muaraenim, karena APBD tergerus oleh proyek yang nilainya tidak bermutu dan asal jadi.

“Baru kali ini ada proyek amburadul seperti ini. Pernah saya pertanyakan dengan kontraktor dan dijanjikan akan diperbaiki tapi sekarang belum sama sekali dan sudah hancur.Sebagai pemerintahan desa saya kecewa dan belum dapat menerima bangunan tersebut karena bangunan itu dibangun dengan menggunakan uang rakyat,” tukas dia.

Ketua LSM Pers Pemantau Pembangunan Muara Enim, Hijazi, SIp menilai bahwa pembangunan proyek jalan setapak di Desa Pinang Belarik itu jelas pemborosan anggaran. Sebab, kata dia, seharusnya jalan setapak itu lebih bermanfaat jika dibangunkan di daerah pemukiman penduduk, bukanlah jalan setapak menuju ke kebun karet seperti desa itu. Akibatnya, kata dia, karena jauh dari pengawasan masyarakat, kontraktor seenaknya saja membangun proyek itu.

“Kita akan pelajari dahulu, bila terdapat indikasi kerugian anggaran akibat pembangunan itu sudah selayaknya kita berkoordinasi dengan penyidik hukum,” ungkapnya.

TEKS/FOTO:SISWANTO

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster