Alex dan Deru Klaim Menang

 194 total views,  2 views today

HAL-KORAN-1-OK-05-09-2013-ok

Herman Deru & Alex Noerdin | Ilst. H Jerry

PALEMBANG, KS-Masyarakat di Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur, dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan, Rabu (4/9), serentak menggunakan hak suaranya kembali dalam pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel) sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusan selanya.

Dari lima wilayah ini, ada 2.019.181 suara yang direbutkan, atau hampir 50 persen dari jumlah mata pilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilukada Sumsel. Rinciannya, di Palembang 1.139.247 pemilih, Prabumulih 126.030 pemilih, OKU 247.646 pemilih, OKU Timur 489.438 pemilih dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, OKU Selatan 16.820 pemilih.

Hasilnya ?, seperti yang diprediksi banyak pihak pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel nomor urut 3 Herman Deru-Maphilinda (DerMa) dan pasangan nomor urut 4, Alex Noerdin-Ishak Mekki, bersaing ketat. Bahkan kedua pasangan ini, sama-sama mengklaim sebagai pemenang.  “Awalnya, memang suara sempat naik dan turun. Namun, hasil akhirnya, pasangan DerMa unggul 3 persen,” klaim cagub Sumsel, Herman Deru kepada wartawan, kemarin.

Ia juga mengomentari hasil quick count yang dilakukan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis),  yang digelar di Hotel Grand Zuri, Palembang. Awalnya dari hitungan cepat Puskaptis yang ditayangkan secara live salah satu stasiun televisi lokal itu, menempatkan pasangan DerMa unggul 52,99 persen. Setelah diakumulasi dengan hasil pemilukada, 6 Juni lalu di daerah yang tidak menyelenggarakan PSU, DerMa tetap unggul.

“Tiba-tiba tayangannya berhenti, kemudian kembali tampil dengan hasil berbeda. Jelas-jelas ini, ada intimidasi pasangan lain agar memenangkan pasangan tersebut. Jelas-jelas ini, membentuk opini masyarakat” tuding Deru.

Sementara cagub Sumsel nomor urut 4, Alex Noerdin kepada wartawan di kediamannya di Jalan Merdeka, Palembang juga mengklaim kemenangan. “Tiga quick count menyimpulkan pasangan Alex-Ishak unggul dengan selisih 7 persen sampai 8 persen,” jelas Alex.

“Sambil menunggu hitungan final oleh KPU, saya mengajak masyarakat menjaga Sumsel tetap kondisif. Tadi ada lembaga survey, yang salah mereles data namun sudah diperbaiki. Jika ada yang tidak puas, hasil ini silakkan di laporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK). MK lah, yang akan memberikan putusan final.

Sementara itu, hasil perhitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survey menunjukkan hasil berbeda. Hasil quick count, yang dilakukan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) dan Jaringan Isu Publik (JIP) di wilayah yang menyelenggarakan PSU, menempatkan pasangan DerMa unggul  dari tiga kandidat lain.

“DerMa di wilayah yang menyelenggarakan PSU meraih 54,94 persen, dan Alex -Ishak34,22 persen, Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung (ESP-WIN) 7,66 persen, dan Iskandar – Hafisz, 3,17 persen,” jelas Manager Riset LSI dan JIP, Setia Darma dalam keterangan persnya di Hotel Aryaduta, Palembang, kemarin.

Rinciannya sebut dia,  ESP-WIN 2,34 persen, Iskandar- Hafisz 2,10 persen, DerMa 81,74 persen dan Alex-Ishak 13,82 persen.  Di OKU, pasangan ESP-WIN 4,50 persen, Iskandar-Hafisz 3,57 persen, DerMa, 49,76 persen dan Alex-Ishak 42,16 persen. Lalu di Kecamatan Warkuk, OKU Selatan, ESP-WIN, 2,93 persen, DerMa, 56,91 persen dan Alex-Ishak 36,63 persen.

Di Kota Prabumulih, ESP-WIN, 4,80 persen, Iskandar-Hafisz 2,85 persen, DerMa 58,75 persen, dan Alex-Ishak 33,61 persen. Sedangkan  di Palembang, ESP-WIN 11,99 persen, Iskandar-Hafisz 3,75 persen, DerMa 39,60 persen dan Alex-Ishak 44,66 persen.

Sementara itu, hasil quick count Lembaga Survey Strategos Indonesia (SI) menempatkan pasangan incumbent, Alex-Ishak unggul secara keseluruhan walau pun kalah dari hasil PSU. Dari hasil quick count di wilayah PSU, DerMa unggul dengan 55,49 persen, Alex-Ishak 34, 25 persen, ESP-WIN 7,17 suara,  terakhir Iskandar Hasan-Hafisz 3,10 persen.

“Jika hasil di PSU ini, jika di kalkulasikan dengan wilayah yang tidak menggelar PSU maka pasangan Alex-Ishak tetap unggul dengan 40,76, Deru-Maphilinda 33,52 persen, ESP-WIN 14,95 persen dan Iskandar-Hafisz 10,78 persen,” jelas Direktur Eksekutif  SI, Yunarto Wijaya.

Teks     : Dicky Wahyudi/Wardoyo

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster