Semua Sekolah Diliburkan

 350 total views,  2 views today

holiday]

Ilst. | net

PALEMBANG, KS-Hari ini, semua sekolah di Palembang di liburkan. Kebijakan ini dilakukan, sehubungan dengan pelaksanaan  pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kota Palembang, Rabu (4/9).

“Kami telah meminta UPTD masing-masing kecamatan, menyampaikan kebijakan libur tersebut ke sekolah-sekolah di wilayah mereka,”kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, Ahmad Zulinto, Selasa (3/9).

Menurut Zulinto, meskipun diliburkan tetapi Disdikpora menghimbau guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa mereka. Dengan demikian siswa, dapat belajar di rumah. “Kebijakan meliburkan sekolah tersebut sesuai dengan instruksi gubernur dan wali kota,”ungkapnya.

Kebijakan meliburkan sekolah ini sambungnya, juga untuk memberikan keleluasaan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Ini juga urainya, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga bisa mengurangi angka golongan putih (golput). “Libur sekolah tersebut hanya sehari pada pencoblosan PSU saja, semua sekolah mulai dari SD sampai tingkat SMA ,”terangnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 13, Palembang,  Hj. Norma Matcik yang dibincangi terpisah mengaku sangat setuju dengan kebijakan tersebut. Karena menurutnya, di sekolahnya hampir 50 persen anak didiknya sudah memiliki hak untuk memilih. “Nantinya para guru dan siswa yang ada di SMA 15,  juga akan menggunakan hak suaranya,”ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Eko, siswa kelas 11 SMAN 15 Palembang. Ia menyebut, senang dengan kebijakan tersebut. Sebab dengan begitu, ia bisa menggunakan hak pilihnya dalam PSU.

“Tahun ini, pertama kali saya bisa memilih tentu saya ingin menggunakannya untuk memilih pemimpin Sumsel lima tahun kedepan. Harapan saya, kedepannya siapapun gubernur yang terpilih bisa lebih memperhatikan kemajuan pendidikan di Sumsel khususnya Palembang,”imbuhnya.

Sebagai informasi, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemkot) yang daerahnya menyelenggarakan PSU.

Sesuai dengan putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel diperintahkan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di Kota Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur dan semua tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, OKU Selatan.

PSU ini diikuti semua pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Sumsel yakni Eddy Santana Putra-Anisja Djuita Supriyanto alias Wiwiet Tatung (nomor urut 1), Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (urut 2), Herman Deru-Maphilinda Boer (nomor urut 3), dan Alex Noerdin- Ishak Mekki (nomor urut 4).

Teks     : Alam Trie Putra/Aminuddin

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster