Sekolah Di Sumsel Akan di Tambah

 216 total views,  2 views today

PALEMBANG | KS-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel berencana akan menambah sekolah untuk daerah-daerah yang dinilai masih sangat minim tempat bersekolah. Sudah ada beberapa daerah yang akan dibagunkan rumah sekolah diantaranya,  Palembang, Ogan Komering Ulu (OKU), Lahat dan Pagaralam, dan rencana pembangunan tersebut akan dilakukan pada tahun 2014.

“Permintaan membangun sekolah tersebut berasal dari empat wilayah itu, apalagi untuk SMA dan SMK yang dirasa masih sangat kurang,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Drs Widodo, Selasa (3/9).

Permohonan telah disampaikan dari daerah-daerah tersebut dan sekarang telah sampai pada tahap pembahasan. Pihak Disdik Sumsel berusaha untuk paling tidak pada pertengahan tahun depan, pembangunan sekolah-sekolah tersebut telah dimulai. Setelah pembahasan selesai pihaknya akan langsung mengajukan permohonan ke pusat, hal ini dikarenakan pembangunan sekolah masuk di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kebanyakan daerah-daerah tersebut meminta tambahan unit sekolah dikarenakan masih banyak lulusan SMP yang belum bisa ditampung saat mau melanjutkan pendidikan. Ini juga yang membuat Angka Partisipasi Kasar (APK) lulusan SMP yang melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK masih rendah,” tuturnya.

Saat ini APK SMA/SMK di Sumsel baru mencapai 81 persen dan ini masih lebih rendah dibandingkan APK nasional yang mencapai 85 persen. Diharapkan dengan adanya tambahan sekolah tersebut bisa meningkatkan APK sampai 86 persen.

“Meskipun begitu hal tersebut tidak serta merta menjadi gambaran dari gambaran keseluruhan APK, akan tetapi pihak Disdik akan terus berusaha menambah sarana,” ungkapnya.

Bisa saja ada faktor lain seperti tidak mampu untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Disdik Sumsel juga akan mengupayakan menambah sekolah ke daerah yang masih sulit dijangkau, karena di daerah tersebut masih jarang ada sekolah. Hal ini dikarenakan sekolah biasanya dibangun secara banyak di daerah padat penduduk. Satu diantaranya adalah daerah Serang Ulu 1 Palembang yang belum mempunyai SMK.

“Hal tersebut telah sesuai dengan penyampaian dari Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Kadisdikpora) Kota Palembang yang menuturkan jika belum ada SMK di daerah tersebut,” ujarnya.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster