Penderita ISPA Capai 2113 Orang

 336 total views,  2 views today

BANYUASIN/KS-Penderita penyakit Saluran Pernapasan Akut (ISPA), di Pangkalan Balai sampai Maret  2013 mencapai 2.113 pederitanya. Para penderita kebanyakan anak-anak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Pangkalan Balai, Dr  Reny Sahara saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (3/9).

Dikatakannya, ISPA  banyak menyerang anak-anak karena, anak sering  bermain di luar rumah, bergumul dengan kotoran yang tidak disadari seperti sering  panas-panasan,dan lupa dengan hal sepele cuci tangan sebelum makan (pola hidup sehat red).

Menurutnya, penyakit ISPA, tidak  hanya menyerang anak-anak, namun  biasa juga menyerang orang dewasa. “Tapi bila dilihat dari kasus yang ada ternyata ISPA banyak menyerang anak-anak terakit dengan daya tahan tubuh yang masih rentan terhadap penyakit,” ucapnya.

Terkait penyakit ISPA yang banyak menyerang para anak-anak itu, lanjut Dia   pihaknya selalu melakukan sosialisasi dengan cara memberikan himbauan agar selalu menjaga kesehatan, karena sehat itu mahal.

“Kami mengajak kepada masyarakat untuk menjaga  daya tahan tubuh dengan makan bergizi bagi penderita untuk pertolongan pertama terhadap anak jika demam disertai flu agar diberi  penurun panas dan perbanyak minum air putih. Dan Jika belum ada perubahan bawalah anak yang terserang ISPA tersebut  ke pukesmas terdekat untuk penanganan  lebih lanjut,” pungkasnya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster