Pembuatan SKCK Naik 200 Persen

 263 total views,  2 views today

fteyx1kz

Ilst. SKCK

INDRALAYA|KS-Pengaruh adanya wacana Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Ogan Ilir Khususnya dibeberapa daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), membuat pelayanan publik meningkat.

Hal ini terlihat di Kantor Pelayanan Santu Pintu (KPSP),  Polres Kabupaten Ogan Ilir, bagian pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), diserbu pencari kerja. Tak tanggung-tanggung peminat pembuatan SKCK di Mapolres Bumi Caram Seguguk tersebut naik 200 persen lebih.

“Naik drastis pembuatan SKCK saat ini, ini tidak terlepas dari adanya rencana penerimaan CPNS. Kalau biasanya hanya 5 sampai 15 sehari yang buat, saat ini bisa mencapai 50 yang buat. Naik 200 perlebih lah,” ujar Briptu Dewan Tri Zedy petugas pembuatan SKCK Polres OI, kemarin.

Menurutnya, untuk bulan ini pihaknya belum melakukan rekap berapa banyak yang buat SKCK bulan Agustus kemarin. Namun, pada bulan Juli lalu ada sekitar 700-an lebih yang buat. “Kalau diperkiaran bulan Agustus lebih dari 1000 yang buat SKCK,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari sekian banyak yang buat SKCK ini rata-rata warga yang ingin mengikuti seleksi CPNS. “Kalau persentasenya 80 persen buat untuk ikut tes CPNS, sisanya untuk masuk secaba dan lain-lain,” bebernya.

Untuk formulir pembuatan SKCK ini sendiri, lanjut Dewan, pihaknya dalam setahun hanya dijatahi 2000 lembar. “Stok saat ini masih ada, karena ditambah stok kemarin sekitar 200 lembar. Jika, kurang, ya kita minta tambah pada pihak Polda,” imbuhnya.

Disinggung mengenai syarat pembuatan SKCK, dirinya mengatakan, bahwa diantaranya beruapa foto copy KTP 1 lembar, KK 1 lembar, sidik jari 1 lembar, pas fhoto 4X6 bewarna.

“Yang terpenting surat rekomendasi dari pihak Polsek. Syarat lainnya berupa mengisi formulir daftar pernyataan dan kartu TIK. Untuk biaya PNBP SKCK Rp10 ribu tentang jenis atas penertiban negara bukan pajak,” tuturnya.

Terpisah, salah satu pembuat SKCK, Sari warga Indralaya mengaku, membuat SKCK untuk keperluan mengikuti seleksi CPNS yang wencananya akan dibukan bulan September ini. “Buat baru ini Mas, karena kebetulan saya baru lulus kuliah, mau ikut CPNS nanti, ” singkatnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster