Lampu Jalan &Taman Telan Rp 43 M

 186 total views,  2 views today

fikry

Ilst. Bundara Masjid Agung | Fikri

PALEMBANG, KS-Untuk mempercantik Kota Palembang jelang pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelontorkan dana kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebesar Rp42 miliar. Dana ini diperuntukan untuk penambahan lampu jalan, lampu hias dan taman kota.

Wali Kota Palembang, H Romi Herton mengatakan, dana Rp 42 miliar tersebut diantaranya untuk lampu jalan Rp30 miliar, lampu hias Rp8 miliar, perbaikan taman kota Rp4 miliar dan perbaikan trotoar Rp1 miliar.

“Kita usulkan ke pemprov, dan ternyata disetujui. Sekarang sudah mulai pengerjaan, di beberapa sisi kota lampu-lampu sudah kita pasang,”kata Romi,saat di temui di Balai Kota, Selasa (3/9).

Ia menjelaskan, pemkot sudah menentukan titik-titik lampu tersebut yang dipasang di semua kecamatan. “Ada 1.300 titik akan dipasang lampu jalan. Nantinya akan diganti dengan lampu Lead Electric Dioda (LED), sehingga akan lebih menghemat pembayaran listriknya,”ucapnya.

Untuk taman kota sendiri Romi menambahkan, dananya akan dipergunakan untuk perbaikan taman sekaligus penggantian tanaman yang sudah mulai banyak layu. “Sekarang kan musim panas, jadi banyak tanaman yang kering dan layu. Ini sudah kita ganti, salah satunya taman entrepreneur di tengah Pasar Cinde. Kemudian, taman-taman lain di median jalan kota,”ungkapnya.

Sementara untuk menjaga kebersihan kota, saat ini terus dilakukan apel malam. Artinya, saat malam hari dinas terkait seperti Dinas Kebersihan Kota, Dinas Penerangan Jalan dan Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) dan instansi lain, bersama-sama melakukan pembersihan kota.

“Saya ingin semuanya terlibat untuk membantu menjaga kebersihan Kota Palembang. Jadi, bukan hanya pasukan kuning saja tapi semua dinas. Sekarang ini sudah kita terapkan apel malam, dimana semua dinas ini bersama-sama melakukan pembersihan kota. Ini bukan hanya saat akan ISG saja, tapi akan terus dilakukan berkesinambungan,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kota Palembang, Agoeng Nugroho mengatakan, pihaknya saat ini rutin melakukan patroli malam, untuk membantu membersihkan Kota Palembang. “Jelang ISG ini kita intensifkan petugas dari pasukan kuning untuk melakukan patroli malam. Tugasnya, membersihkan sampah-sampah, khususnya di jalan protokol,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster