Usaha Pandai Besi Menjanjikan

 761 total views,  2 views today

pixoto

Ilst. Pandai Besi | pixoto.com

MUARAENIM | KS-Usaha pandai besi yang ada di kabupaten Muara Enim cukup menjanjikan, pasalnya pemesan bukan hanya berasal dari kabupaten muara enim bahkan hingga keluar daerah seperti pulau jawa.

Nasir (53) warga Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul salah seorang pengrajin parang, pedang, arit dan tengkuit disela-sela aktivitasnya mengatakan, dirinya sudah menjalani usahanya ini sejak tahun 1949 atau sudah sekitar 62 tahun lamanya. “Dahulu orang tua saya juga seorang pandai besi dan saat ini saya yang melanjutkan usahanya,” jelas dia, kemarin (2/9).

Dia menarangkan, dalam sehari dirinya mampu menyelesaikan sekitar delapan buah kerajinan, baik berupa pedang, arit, parang, serta tengkuit. Untuk kerajinan yang paling sulit dan rumit dikerjakan yakni pembuatan pedang. “Sulitnya saat penggerendaan,” ujar Nasir.

Sebagian pembeli, menurutnya memang memesan langsung kepada dirinya. Pelanggannya dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari pulau jawa. “Untuk penjualannya sekarang ini baru sebatas Tanjung Enim saja,” terang dia.

Menurutnya, yang paling laris dibeli masyarakat yakni parang. Karena alat ini banyak digunakan  petani  untuk pergi ke kebun dan memasak. harganya sendiri bervariasi tergantung dengan jenis kerajinannya. “Pedang harnya Rp400 ribu, arit dan tengkuit harganya Rp45 ribu. Sedangkan untuk parang harganya berkisar antara Rp30 ribu-Rp60 ribu,” tutur Nasir.

Teks : SISWANTO

EDITOR : ROMI MARADONA     





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster