Ribuan Pelanggan tak Dipasok Air Bersih

 213 total views,  2 views today

air-bersih

Ilst. Pure Water

PALEMBANG, KS-Pasokan air bersih ke ribuan pelanggan di Kota Palembang, bakal kembali terganggu. Kali ini PDAM Tirta Musi beralasan, gangguan itu disebabkan adanya penggantian kabel tegangan menengah yang memasok arus listrik di booster KM 4.

“Setidaknya ada lima ribu pelanggan yang terganggu pasokan air bersihnya, daerah-daerah yang terkena dampak gangguan tersebut seperti di Pakjo, Ariodillah, sebagian di Sako, dan Pahlawan, daerah by pass, serta Seduduk Putih,”jelas Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stepanus ketika dibincangi, Senin (2/9).

Kapan penggantian kabel ini akan dilakukan ?, Stepanus belum bisa memastikan. Awalnya kata dia, penggantian kabel tersebut akan dilakukan pada 4 September mendatang. Namun namun terkendala adanya Pemilihan suara ulang (PSU) pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumatera Selatan (Sumsel). Sehingga kemungkinan penggantian kabel ini, akan dilakukan 5 September.

Namun dia meyakinkan, pengerjaan penggantian kabel ini tidak akan mengganggu pelayanan lebih lama. Apalagi jadwal pengerjaan yang dilakukan mulai pukul 08.00 WIB-14.00 WIB. Sementara daerah pelayanan seperti Pakjo, masih dapat menikmati distribusi air, untuk beberapa jam. Karena jadwal suplay air mulai pukul 04.00 WIB-10.00 WIB. “Memang nanti akan mempengaruhi pelayanan di sejumlah tempat, kami meminta masyarakat bisa maklum. Ini dilakukan juga agar pelayanan lebih optimal,”ucapnya.

Stepanus juga menerangkan penggantian  kabel tegangan menengah di booster KM 4 itu dilakukan, agar  tidak ada gangguan distribusi air bersih saat pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG).

Selama ini sambung Stephanus menyebut PDAM Tirta Musi masih mengandalkan pasokan listrik untuk memutar boster yang memproduksi air bersih.   “Karenanya kami akan mengganti kabel tegangan menengah di booster KM 4, sebab kami kuatir kabel tersebut rusak sehingga mempengaruhi produksi air saat ISG nanti,” ungkapnya.

Menurut Stephanus, kabel tegangan menengah yang memasuk arus listrik di booster KM 4 usia kabelnya sudah tua sehingga akan semakin mempengaruhi sistem secara keseluruhan. Selain itu, bila kabel tersebut tidak diganti dapat berdampak seperti terbakar atau ledakan. Kondisi kabel yang semakin tua, dapat terjadi penyusutan diameter, daya tahan juga menjadi longgar.

“Jika tidak diganti nanti berpengaruh dengan sistem lainnya, bisa mengurangi efektivitas lain dan jadi tidak efisien. Dengan demikian akan mempengaruhi sistem lain, tegangan tidak stabil,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster