Ratusan CJH Dapat Nginap Gratis di Hotel

 223 total views,  2 views today

gran-zuri

Lahat | KS-Sebanyak 157 Calon Jemaah Haji (CHJ), asal Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam mengikuti manasik massal yang dibuka langsung oleh Bupati Lahat H. Aswari di pendopoan rumah dinas Bupati Lahat, Senin (2/9), kemarin.

Selain ratusan calon jemaah haji, acara ini juga dihadiri oleh seluruh pejabat dari berbagai instansi di Kabupaten Lahat.

Dalam laporannya Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Lahat, H. Win Hartan, S. ag, M, Pdi menjelaskan secara rinci jumlah CJH yang sudah selesai seleksi dan dinyatakan siap mengikuti manasik massal tersebut.

“Jumlah CJH tersebut 153 orang, terdiri dari 60 orang jemaah laki laki, dan 97 orang perempuan yang akan mengikuti manasik, sekaligus siap untuk diberangkatkan ketanah suci. Dengan usia peserta yang tertua yaitu 80 tahun,” terang Win.

Selain itu, sambung Win, dari jumlah 157 orang CJH itu juga terdapat lima orang diantaranya yang tergabung dalam program jemaah haji gratis oleh pemerintah daerah.

“Ada lima orang CJH yang mengikuti jalur haji gratis dari pemerintah Kabupaten Lahat. Yaitu Sayuti, Erlansyah rumsyah, Saudah, Mim Haimi, dan Endiaksi Harun,” sebut Win.

Semantara itu, Bupati Lahat H. Aswari dalam sambutannya meminta kepada semua peserta manasik massal tersebut agar dapat mengikuti petunjuk petunjuk dari instruktur selama latihan.

Bahkan H. Aswari menyerahkan sebuah cendramata kepada Erlansyah Rumsyah yang mewakilan peserta manasik, juga memberikan kesempatan kepada semua CJH yang akan menjalani manasik massal itu untuk menginap dan berlatih tata cara pelaksnaan haji di hotel Grand Surri salama Satu malam.

“Kami selaku pemerintah daerah berharap agar para semua peserta manasik massal ini tetap mengikuti semua petunjuk dan arahan dari pemandunya, sebab hal ini sangat penting sekali. Jangan sampai nanti tiba ditanah suci kita tidak bisa apa apa, karena kita tidak mengikuti petunjuk dari pemandu selama manasik berjalan,” kata Aswari.

Sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah Kabupaten Lahat, lanjut Aswari, maka pelatihan tidak hanya diberikan pada siang hari saja dan pihaknya akan memberikan penginapan secara gratis di Hotel Grand Surri.

“CJH berlatih dan menginap selama satu malam, untuk itu kami selaku pemerintah daerah mengucapkan selamat menjalani manasik, semoga nantinya dapat jadi haji yang mabrur dan mabruroh,” pungkas Aswari.

Teks / Foto : Jumra Zefri

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster