PT HSK Diduga Salah Bayar

 651 total views,  2 views today

BANYUASIN|KS-Kisrus salah bayar yang dilakukan PT Hanuraba Sawit Kencana (HSK), berbuntut di rapat di Komisi satu DPRD Banyuasin antara  warga Rimau Sungsang, Kecamatan Banyuasin II dengan pihak perusahaan dari PT HSK.

“Pertemuan tersebut guna mencari titik temu tentang pembayaran atas hak tanah milik warga atas nama Abdul Kadir seluas 180 hektar,” kata  Suitiqlal usai rapat di Komisi I, Senin (2/9).

Menurut Suis, hak atas tanah milik Abdul Kadir ada seluas 180 ha, tetapi oleh pihak PT HSK baru selesai dibayar seluas 90 ha. “Sisanya juga sudah dibayar tetapi kepada warga Margaraya,” terangnya usai memimpin rapat

Suis menambahkan, permasalahan itu mulai terjadi sejak tahun 2012 lalu, karena dianggap salah tempat pembayarannya, maka hari ini mereka melakukan rapat  bersama.

Masih kata Suis, dari penguraian pemilik hak tanah Abdul Kadir bahwa ada lahan seluas 180 hektar dan tanah tersebut masuk dalam izin yang dikantongi oleh perusahaan itu. “Dan yang menjadi persoalannya bahwa disaat lahan itu hendak dibeli oleh PT HSK,m pembayarannya 90 hektar sudah dilunasi dan 90 hektarnya juga sudah dibayarkan oleh perusahaan tetapi kepada warga Margaraya,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Suis, pihak pemilik hak tanah Abdul Kadir sisa lahan yang belum dibayar seluas 90 hektar oleh perusahaan tetap dituntutnya. Dalam satu hektar katanya dibeli perusahaan seharga Rp 3 juta.

“Tujuan persoalan ini dibawa ke DPRD untuk dijernihkan, sehingga semuanya akan dapat segera diselesaikan dan tentunya kedua belah pihak baik warga Rimau Sungsang dan warga Margaraya tidak terjadi masalah termasuk pihak perusahaan,” jelasnya.

Dikatakan Suis, Manager PT HSK, Syahri berjanji akan mengikuti semua apa yang menjadi keputusan dalam rapat ini. “Karena perusahaan tetap akan mengembangkan usahanya di Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.

Rapat tersebut dihadiri Camat Banyuasin II, Dinas Hutbun Banyuasin, Bag Tapem, Menejer Pt. HSK, Pemilik Tanah dan  beberapa pemuka Masyarakat Rimau Sungsang serta Ketua Komisi I DPRD Banyuasin Suistiqal yang didampingi Anggotanya Sriatun, Diah, Hasrul Halim alias Alung.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster